Analisis identifikasi penggunaan GPAI berbasis teknologi digital dalam pembelajaran penjas pada sekolah menengah pertama

Muhamad Farhan Amien, Ega Trisna Rahayu, Rolly Afrinaldi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi penggunaan alat ukur Game Performance Assessment Instrument (GPAI) yang di modifikasi berbasis teknologi digital dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah menengah pertama di kabupaten karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data kualitatif menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Sampel penelitian menggunakan 6 guru dan 36 siswa sekolah menegah pertama di kabupaten karawang. Analisis data kualitatif dari observasi, wawancara dan angket menggunakan pengkodean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kabupaten Karawang menyambut baik dan perlu diterapkan GPAI berbasis teknologi digital dalam pengukuran keterampilan bermain saat pembelajaran Pendidikan Jasmani. Pentingnya penerapan GPAI berbasis teknologi digital pada pembelajaran Pendidikan jasmani berdasarkan pada temuan penelitian bahwa mayoritas responden mangatakan GPAI berbasis teknologi digital sangat penting untuk memberikan umpan balik yang efektif dan efisien, mengetahui kekurangan komponen tiap individu siswa, memberikan hasil laporan yang lebih detail, meningkatkan pengembangan karakter dan memotivasi siswa, dan mendorong partisipasi aktif serta kesadaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GPAI berbasis teknologi digital pada pembelajaran Pendidikan Jasmani masih terdapat beberapa kendala utama, diantaranya sarana prasarana yang diperlukan untuk memodifikasi lapangan bermain, pemahaman penggunaan fitur-fitu dalam aplikasi GPAI berbasis teknologi digital dan pemahaman siswa dalam modifikasi permainan 3 vs 3 belum dipahami dengan baik akhirnya dapat diatasi.

Keywords


GPAI; Analisis identifikasi; Teknologi digital; Pendidikan jasmani

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Coakley, J., & Pike, E. (2014). Sports in Society: Issues and Controversies. McGraw-Hill.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Griffin, L., Oslin, J., & Mitchell, S. A. (1995). An Analysis of Two Instructional Approaches to Teaching Net Games. Research Quarterly for Exercise and Sport, 66, 64.

Hoye, R., & Nicholson, M. (2008). Locating Social Capital in Sport Policy. In Sport and social capital (pp. 69–91). Routledge.

Hustrada, H. J. S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Alfabeta, 260264.

Jastrow, F., Greve, S., Thumel, M., & Diekhoff, H. (2022). Digital Technology in Physical Education: A Systematic Review of Research from 2009 to 2020. German Journal of Exercise and Sport Research, 52(4), 504-528. https://doi.org/10.1007/s12662-022-00848-5

Kartono, I. R., & Zulkifli. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing atas Bola Voli melalui Modifikasi Permainan di MTSN 3 Kota Pekan Baru. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2170-2179. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21622

Maslani, M., Haniefa, S. M., Mustofa, S. F., & Hermawan, T. (2024). Revolusi Digital dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Strategi dan Implikasi untuk Masa Depan. Journal of Law, Education and Business, 2(2), 1456–1464. https://doi.org/10.57235/jleb.v2i2.3158

Nasution, M. I. P. (2016). Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra, 10(1).

Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Digital Berbasis Motion Graphic pada Pendalaman Materi IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3649-3656. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2642

Oslin, J. L., Mitchell, S. A., & Griffin, L. L. (1998). The Game Performance Assessment Instrument (GPAI): Development and Preliminary Validation. Journal of Teaching in Physical Education, 17(2), 231-243. https://doi.org/10.1123/jtpe.17.2.231

Patton, M. Q. (2014). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. Sage Publications.

Piggin, J., Mansfield, L., & Weed, M. (2018). Routledge Handbook of Physical Activity Policy and Practice. Routledge, Taylor & Francis Group.

Rahmat, A., Shahril, M., & Salimin, N. (2018). The Assessment of Affective Domain among Palapes in UPSI. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(1), 293-299. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i1/3808

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitat. Alfabeta.if dan R & D. Alfabeta.

Suherman, A. (1998). Revitalisasi Keterlantaran Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. CV. Andira. Bandung

Suryawan, I. (2020). Survei Penggunaan Teknologi Aplikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Se-Kapanewon Sewon. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95–114. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.286

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications. Sage Thousand Oaks, CA.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20877

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats