Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Peserta Didik dalam PJOK
Abstract
Model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan pendekatan yang memadukan proyek sebagai pusat aktivitas, dimana peserta didik terlibat aktif dalam eksplorasi, kolaborasi, dan refleksi dalam mencapai tujuan kebugaran jasmani. Pembelajaran berbasis proyek ini menempatkan siswa sebagai subjek pembelajaran, mengasah kemampuan mereka untuk mengaplikasikan konsep kebugaran dalam kehidupan sehari-hari serta mendorong keterlibatan aktif dalam aktivitas fisik yang mendukung kesehatan fisik, mental, dan sosial.
PjBL berfokus pada beberapa komponen kebugaran jasmani, seperti kekuatan, daya tahan, kecepatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan koordinasi, yang disusun dalam proyek-proyek kebugaran nyata. Dalam prosesnya, siswa dirangsang untuk merancang program kebugaran, melacak progres fisik individu, dan bekerja dalam tim untuk mencapai target kesehatan bersama. Penerapan model ini dalam PJOK memberikan dampak positif pada aspek fisik siswa, seperti peningkatan daya tahan dan kelincahan, serta menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, di mana siswa dapat merefleksikan pencapaian mereka dalam menjaga kebugaran jasmani.
PjBL terbukti menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif siswa, memotivasi mereka untuk menjalani gaya hidup sehat, dan mengintegrasikan nilai-nilai positif yang berkelanjutan dalam kebiasaan aktivitas fisik mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arafah, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learning Dan Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Chest Pass Dalam Permainan Bolabasket Pada Siswa Smp Negeri 2 Watansoppeng. S1 Thesis, Pascasarjana. Universitas Negeri Makasar.
Chafidah, N., Ilyas, S. N., Musi, M. A., & Rusmayadi. (2023). Pengaruh Pjbl Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis pada Anak Usia 5-6 Tahun. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STIKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 17-23. https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3376
Febriyanti, A. D., Putra, M. F. P., & Prakoso, B. B. (2024). Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(2), 55–67. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30762
Elzandri, R., & Dewi, K. (2018). Profil Kebugaran Jasmani pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2012. TMJ: Tarumanagara Medical Journal, 1(1). 151-156. https://doi.org/10.24912/tmj.v1i1.2539
Erfan, M. (2017). Peran guru penjas terhadap kebugaran (kesegaran) jasmani siswa. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 184–192.
Gustiawati, R., Fahrudin, F., & Stafei, M. M. (2015). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah SOLUSI, 1(03).33-40. https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.55
Hidayat, T. A. S., Syaifudin, R., Cahyono, D., Centeury, M. T. R., Rifai, M., & Junaidi, A. (2023). Analisis Keberhasilan Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) dalam Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) di Perguruan Tinggi. Jurnal Edu Research (Indonesia Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS), 5(2), 165-167.
Istiqomah, F., Firdaus, A., & Sari Dewi, R. (2023). Analisis Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Problem Based Learning dan Project Based Learning. Journal on Education, 06(01), 9245–9256. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4431
Lestari, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Peserta Didik dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada Kelas Iv Min 04 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Mahendra, M. Y., Mochamad Ridwan, & Juheri. (2023). Improving Learning Outcomes of Rhythmic Movement Activity Learning through Utilization of the TikTok Media Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 4(1), 145-155. https://doi.org/10.55081/jpj.v4i1.1030
Maisaroh, P., Athar, & Kahri, R. (2020). Analisis Komponen Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Dilihat dari Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas V Usia 10-12 Tahun Kota Banjarbaru. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(1), 80–83.
Mariani, I. N. (2024). Aspek Pembelajaran dan Metode Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Akademia Pustaka
Mashud. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Raaiyatini, M. A., & Arifin, S. (2023). Penerapan Model Pjbl dalam Pembelajaran Pasing Bawah Bola Voli. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 22(4), 62-68. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16327
Rahmadhani, P., & Ardi. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5153-5162. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13097
Saputro, B. (2021). Implementation of The Project Based Learning (Pjbl) Learning Model in Elementary School Pjok Learning. Social, Humanities, and Education Studies (Shes): Conference Series, 4(6), 6-10. https://doi.org/10.20961/shes.v4i6.68392
Suhartoyo, T., Budi, D. R., Kusuma, Moh. N. H., Syafei, M., Listiandi, A. D., & Hidayat, R. (2019). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, 1(1), 8-17. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1995
Tami, M., Ahwan, R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106-119. https://doi.org/10.5281/zenodo.7592832
Yusuf, H. (2018). Evaluasi Kebugaran Jasmani Melalui Harvard Step Test pada Mahasiswa PJKR Tahun 2016/2017 IKIP Budi Utomo. Jp.jok Jurnal Pendidikan. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, 1(2), 1-13. Http://ejurnal.Budiutomomalang.Ac.Id/Index.Php/Jpjo
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20879
Article Metrics
Abstract view : 43 timesPDF - 20 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.