Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Peserta Didik dalam PJOK

Edi Rahmadi, Mashud Mashud, Maruful Kahri

Abstract


Model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan pendekatan yang memadukan proyek sebagai pusat aktivitas, dimana peserta didik terlibat aktif dalam eksplorasi, kolaborasi, dan refleksi dalam mencapai tujuan kebugaran jasmani. Pembelajaran berbasis proyek ini menempatkan siswa sebagai subjek pembelajaran, mengasah kemampuan mereka untuk mengaplikasikan konsep kebugaran dalam kehidupan sehari-hari serta mendorong keterlibatan aktif dalam aktivitas fisik yang mendukung kesehatan fisik, mental, dan sosial.

PjBL berfokus pada beberapa komponen kebugaran jasmani, seperti kekuatan, daya tahan, kecepatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan koordinasi, yang disusun dalam proyek-proyek kebugaran nyata. Dalam prosesnya, siswa dirangsang untuk merancang program kebugaran, melacak progres fisik individu, dan bekerja dalam tim untuk mencapai target kesehatan bersama. Penerapan model ini dalam PJOK memberikan dampak positif pada aspek fisik siswa, seperti peningkatan daya tahan dan kelincahan, serta menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, di mana siswa dapat merefleksikan pencapaian mereka dalam menjaga kebugaran jasmani.

PjBL terbukti menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif siswa, memotivasi mereka untuk menjalani gaya hidup sehat, dan mengintegrasikan nilai-nilai positif yang berkelanjutan dalam kebiasaan aktivitas fisik mereka.


Keywords


Project Based Learning (PjBL), Aktivitas Kebugaran Jasmani.

Full Text:

PDF

References


Arafah, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learning Dan Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Chest Pass Dalam Permainan Bolabasket Pada Siswa Smp Negeri 2 Watansoppeng. S1 Thesis, Pascasarjana. Universitas Negeri Makasar.

Chafidah, N., Ilyas, S. N., Musi, M. A., & Rusmayadi. (2023). Pengaruh Pjbl Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis pada Anak Usia 5-6 Tahun. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STIKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 17-23. https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3376

Febriyanti, A. D., Putra, M. F. P., & Prakoso, B. B. (2024). Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(2), 55–67. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30762

Elzandri, R., & Dewi, K. (2018). Profil Kebugaran Jasmani pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2012. TMJ: Tarumanagara Medical Journal, 1(1). 151-156. https://doi.org/10.24912/tmj.v1i1.2539

Erfan, M. (2017). Peran guru penjas terhadap kebugaran (kesegaran) jasmani siswa. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 184–192.

Gustiawati, R., Fahrudin, F., & Stafei, M. M. (2015). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah SOLUSI, 1(03).33-40. https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.55

Hidayat, T. A. S., Syaifudin, R., Cahyono, D., Centeury, M. T. R., Rifai, M., & Junaidi, A. (2023). Analisis Keberhasilan Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) dalam Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) di Perguruan Tinggi. Jurnal Edu Research (Indonesia Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS), 5(2), 165-167.

Istiqomah, F., Firdaus, A., & Sari Dewi, R. (2023). Analisis Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Problem Based Learning dan Project Based Learning. Journal on Education, 06(01), 9245–9256. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4431

Lestari, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Peserta Didik dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada Kelas Iv Min 04 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Mahendra, M. Y., Mochamad Ridwan, & Juheri. (2023). Improving Learning Outcomes of Rhythmic Movement Activity Learning through Utilization of the TikTok Media Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 4(1), 145-155. https://doi.org/10.55081/jpj.v4i1.1030

Maisaroh, P., Athar, & Kahri, R. (2020). Analisis Komponen Kebugaran Jasmani Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Dilihat dari Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Kelas V Usia 10-12 Tahun Kota Banjarbaru. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(1), 80–83.

Mariani, I. N. (2024). Aspek Pembelajaran dan Metode Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Akademia Pustaka

Mashud. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984

Raaiyatini, M. A., & Arifin, S. (2023). Penerapan Model Pjbl dalam Pembelajaran Pasing Bawah Bola Voli. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 22(4), 62-68. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16327

Rahmadhani, P., & Ardi. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5153-5162. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13097

Saputro, B. (2021). Implementation of The Project Based Learning (Pjbl) Learning Model in Elementary School Pjok Learning. Social, Humanities, and Education Studies (Shes): Conference Series, 4(6), 6-10. https://doi.org/10.20961/shes.v4i6.68392

Suhartoyo, T., Budi, D. R., Kusuma, Moh. N. H., Syafei, M., Listiandi, A. D., & Hidayat, R. (2019). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, 1(1), 8-17. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1995

Tami, M., Ahwan, R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (Pjbl) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106-119. https://doi.org/10.5281/zenodo.7592832

Yusuf, H. (2018). Evaluasi Kebugaran Jasmani Melalui Harvard Step Test pada Mahasiswa PJKR Tahun 2016/2017 IKIP Budi Utomo. Jp.jok Jurnal Pendidikan. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, 1(2), 1-13. Http://ejurnal.Budiutomomalang.Ac.Id/Index.Php/Jpjo




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20879

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats