Perilaku Menyimpang Bullying dalam Pendidikan Jasmani
Abstract
Pendidikan Jasmani memiliki peran penting dalam pengembangan fisik, sosial, dan emosional siswa. Namun, lingkungan ini sering kali diwarnai oleh perilaku menyimpang, seperti bullying, yang dapat berdampak negatif pada proses pembelajaran dan kesejahteraan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena bullying dalam konteks Pendidikan Jasmani, menganalisis penyebab, dampak, serta strategi penanganannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka yang menganalisis berbagai sumber terkait bullying, serta observasi terhadap perilaku siswa dalam aktivitas Pendidikan Jasmani.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying terjadi akibat ketimpangan keterampilan fisik, kompetisi yang berlebihan, dan kurangnya pengawasan guru. Dampak bullying meliputi penurunan kepercayaan diri, gangguan psikologis, dan prestasi akademik yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan sistematis yang meliputi pengawasan guru yang ketat, model pembelajaran kolaboratif, penerapan karakter pendidikan, dan kampanye anti-bullying untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif bagi semua siswa.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2019). Estimologi Pendidikan dan Hakikat Pendidikan Islam. Taujih : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 20–35. https://doi.org/https://doi.org/10.53649/taujih.v1i2.55
Akbar, M. A., Rahmadi, R., & Mulhim, H. M. (2020). Instrumen Penilaian Harian Aspek Psikomotor Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(1), 56–62. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/mpj.v1i1.485
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55
Azhar, S., Maemunah, S., Dorahman, B., Latifah, N., & Nurfadhillah, S. (2022). Analisis Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani pada Siswa Kelas IV di SDN Kedaung Barat. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 144–148. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2146
Benítez-Sillero, J. de D., Córdoba-Alcaide, F., Moyano, M., Rodríguez-Hidalgo, A. J., & Calmaestra, J. (2020). Prevention and Educational Intervention on Bullying: Physical Education as an Opportunity. Movimento, 26. https://doi.org/10.22456/1982-8918.105169
Gustian, U., Samodra, T. J., & Pranata, R. (2022). Integrating Games and Physical Activities to Stimulate Cognitive Abilities of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7(1), 104–109. https://doi.org/10.17509/jpjo.v7i1.42886
Juniar, D. T., Suherman, A., Tarigan, B., & Mahendra, A. (2023). Effects of Project-Based Learning Model and Cooperative Learning Model in Improving Student Social Skills in Physical Education. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 8(1), 49–57. https://doi.org/10.17509/jpjo.v8i1.56156
Juvonen, J., & Graham, S. (2014). Bullying in Schools: The Power of Bullies and the Plight of Victims. Annual Review of Psychology, 65, 159–185. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010213-115030
Kaltiala-Heino, R., Rimpelä, M., Rantanen, P., & Rimpelä, A. (2000). Bullying at School - an Indicator of Adolescents at Risk for Mental Disorders. Journal of Adolescence, 23(6), 661–674. https://doi.org/10.1006/jado.2000.0351
Mandala, J. P., & Wasilah, S. (2023). Education in a Functional Structural Perspective and Conflict Regarding Social Relations in Society. Jurnal Pendidikan Mandala, 8(3), 902–909. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i3.5922
Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685–691. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054
Nurjanah, A., Maulana, H., & Nurhayati, N. (2023). Psikologi Pendidikan dan Manfaat bagi Pembelajaran: Tinjauan Literatur. Cendekia Inovatif dan Berbudaya : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 38–46. https://doi.org/https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.172
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rahmadi, D. J., Hasan, H., & Ismunandar, A. (2022). Efektivitas Pendidikan Agama dalam Pendidikan Formal Pendidikan Keluarga. Bashrah, 2(2), 150–160. https://doi.org/https://doi.org/10.58410/bashrah.v2i2.523
Ratnasari, V. D. (2021). Internalisasi Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Karakter Siswa di Era Merdeka Belajar. Journal of Islamic Education Policy, 6(1), 20–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jiep.v6i1.1298
Salasiah, S., Rahmadi, R., & Irianto, T. (2020). Instrumen Penilaian Harian Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Olahraga aan Kesehatan. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(1), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/mpj.v1i1.476
Souisa, M., & Mariana Ditboya Hukubun. (2019). Efektifitas Pembelajaran Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di Sma Negeri 1 Leihitu Barat. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga), 4(2), 40–46. https://doi.org/10.36526/kejaora.v4i2.701
Utami, T. W., Astuti, Y. S., & Livana, P. H. (2019). Hubungan Kecemasan dan Perilaku Bullying Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.32584/jikj.v2i1.264
Widarti, W., & Umami, M. (2024). Analisis Bullying antar Siswa Kelas II di MIN 3 Semarang. Afeksi : Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 22–32. https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.210
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20893
Article Metrics
Abstract view : 23 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.