Peran Literasi Fisik Pada Kebugaran Jasmani
Abstract
Makalah ini bertujuan untuk mengetahui peran literasi fisik pada kebugaran peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka yang menganalisis berbagai sumber terkait literasi fisik dan kebugaran fisik. Hasil menunjukkan bahwa Literasi fisik berperan dalam kebugaran peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bachtiar, F., Agustiyawan, A., Wibisono, H., Kurniawan, A., Adriani, A., & Dzakira, F. S. (2024). Gerakan Literasi Fisik Anti Malas Bergerak di Sekolah Master Indonesia. Prima Abdika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 405–415. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i2.4300
Belanger, K., Barnes, J. D., Longmuir, P. E., Anderson, K. D., Bruner, B., Copeland, J. L., … Tremblay, M. S. (2018). The Relationship Between Physical Literacy Scores and Adherence to Canadian Physical Activity and Sedentary Behaviour Guidelines. BMC public health, 18(Suppl 2), 1042. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5897-4
Cornish, K., Fox, G., Fyfe, T., Koopmans, E., Pousette, A., & Pelletier, C. A. (2020). Understanding Physical Literacy in the Context of Health: A Rapid Scoping Review. BMC Public Health, 20(1). https://doi.org/10.1186/s12889-020-09583-8
Erizka, S. N., & Bayu, W. I., & Iyakrus. (2024). Peran Literasi Jasmani dalam Partisipasi Aktivitas Jasmani pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ikatan Keluarga Alumni Undiksha, 22(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/ika.v22i1.77101
Fitri, S., Deswandi, D., Yaslindo, Y., & Wulandari, I. (2023). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal JPDO, 6(5), 168-177. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1358
Haditya, Y., & Griadhi, I. P. A. (2017). Hubungan Faktor Penghalang Berolahraga Terhadap Tahap Perilaku Olahraga Berdasarkan Model Transteori pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Denpasar. Jurnal Medika, 6(1), 6–9. https://jurnal.harianregional.com/eum/id-28438
Ismail, M. H., Halimah, L., Hopiani, A., & AM, M. A. (2023). Penguatan Kompetensi Guru PAUD di Kabupaten Pangandaran dalam Implementasi Merdeka Bermain melalui Media Loose Parts. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(3), 223–232. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2658
Kusuma, D. A., Riyadi, S., & Hidayatullah, M. F. (2024). Pentingnya Literasi Fisik Dalam Pendidikan Jasmani Usia Anak-Anak. Conference: Seminar Nasional HMP UNS 2024
Lahinda, J., Wasa, C., & Riyanto, P. (2020). Pengaruh Program Latihan Peningkatan Daya Tahan Jantung Paru pada UKM Tinju. Kinestetik Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 7–13. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10257
Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). Pelatihan pembinaan kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler olahraga. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 56-61. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5374
Mardius, A., & Astuti, Y. (2017). Pengaruh Senam Lansia Terhadap Kebugaran Jasmani Warga Perumahan Pondok Pinang Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Journal of Education Research and Evaluation, 1(3), 147. https://doi.org/10.23887/jere.v1i3.10381
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-95. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Permana, A. H. R. (2020). Analisis Assesmen Literasi Jasmani dengan Kebutuhan Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tasikmalaya. Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Prayoga, H. D., Fitrianto, A. T., & Habibie, M. (2020). Perbandingan Kemampuan Fisik Dasar Petinju Nasional dengan Petinju Daerah. Jurnal Porkes, 3(2), 149–158. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i2.2985
Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD melalui Penilaian Produk pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562
Rosiana, W., Angga, P. D., & Tahir, M. (2023). Pengembangan Media Literasi Fisik (Melifis) bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 964–975. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4707
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000
Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III. Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154. https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23608
Prasetyo, Y. (2013). Kesadaran Masyarakat Berolahraga untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional. Medikora, XI, 220–228. https://doi.org/10.21831/medikora.v11i2.2819
Zulfikar, M., Harliawan, M., Sudirman, A., Heril, & Anwar, N. I. A. (2023). Sosialisasi Integrasi Pembelajaran Literasi Jasmani untuk Guru dan Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan, 3(2), 72–78. https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v3i2.30600
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20917
Article Metrics
Abstract view : 21 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.