PARTISIPASI MAHASISWA DALAM KEGIATAN OLAHRAGA DAN SARANA PRASARANA PENDUKUNG PADA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Abstract
Partisipasi Mahasiswa Dalam Kegiatan Olahraga Dan Sarana Prasarana Pendukung Pada Universitas Lambung Mangkurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) Untuk mendapatkan informasi selengkapnya di lapangan sampai sejauh mana para mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat melakukan aktivitas olahraga dalam setiap minggunya. (2) Untuk mendapatkan data lapangan sebenarnya seberapa banyak sarana prasarana olahraga/ ruang terbuka untuk keiatan olahraga yang dimiliki Universitas Lambung Mangkurat dalam mendukung kegiatan olahraga mahasiswanya. (3) Untuk mengetahui sebaik apa kebugaran jasmani mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat.
Penelitian ini menggunakan rancangan survey dengan teknik tes dan pengukuran yang berusaha mendeskripsikan, mencadra, menjelaskan, dan membeberkan data yang diperoleh di lapangan. Kuesioner diberikan kepada mahasiswa, Pencatatan dilakukan untuk mendapatkan data sarana prasarana/ ruang terbuka yang dimiliki universitas. Teknik tes lari progresif digunakan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa.
Populasi penelitian adalah seluruh seluruh mahasiswa Universitas Lambung mangkurat yang berjumlah sekitar 10.000 orang mahasiswa dengan sampel yang digunakan sejumlah 400 orang, ditentukan dengan teknik proportional random sampling berpedoman pada formula Soekidjo. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengetahui partisipasi dan minat siswa terhadap olahraga. Ormat pengukuran luas sarana/prasarana yang dimiliki Universitas. Tes progresif untuk mendapatkan data kebugaran jasmani mahasiswa.
Analisis data menggunakan statistika deskriptif untuk menghitung indeks partisipasi, sarana /prasarana dan kebugaran mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat. Hasil analisi menunjukkan bahwa (1) Indeks Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan olahraga sebesar 0,262, indeks sarana prasarana/ ruang terbuka sebesar 0,466 dan indeks kebugaran jasmani mahasiswa sebesar 0,359 dari skala penilaian dengan rentang 0,00 s/d 1.00.
Kesimpulan yang dapat dikemukakan adalah: (1) Partispasi mahasiswa dalam gerakan olahraga rendah, (2) Sarana prasarana/ ruang terbuka rendah, dan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa rendah. Pembinaan olahraga untuk mahasiswa di Universitas Lambung Mangkurat belum memadai, terbukti dengan rendahnya semua indeks yang diukur.
Saran-saran yang dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) menjadikan olahraga sebagai mata kuliah wajib di Universitas Lambung Mangkurat, (2) Mengangkat tenaga pengelola/ manajer olahraga bagi kegiatan olahraga mahasiswa., (3) melengkapi/ membangun sarana prasarana olahraga di setiap fakultas yang disesuaikan dengan minat olahrga mahasiswanya, (4) melengkapi/ menambah alat-alat olahraga sesuai dengan minat mahasiswa, (5) mencanagkan gerakan olahraga di lingkungan universitas sekaligus mengadakan kejuaraan-kejuaraan antar fakultas
Kata kunci: Partisipasi, ruang terbuka, kebugaran jasmani.
Full Text:
PDFReferences
As’ad, M. 1999. Psikologi Industri. Jakarta : Liberty.
Ardhana, W. 1990. Penelitian Kausal Komparatif dan Korelasi Serta Beberapa Teknik Analisisnya. Malang : PPS IKIP Malang.
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Burhanuddin. 1994. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Chipman, S., F. Segal, J. W. & Glaser, R. 1981. Thinking and Learning Skill : Research and Open Question. Volume 2.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Djauharie, O. Setiawan. 2001. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung : Yrama Widya.
Glickman,C.D. 1981. Developmental Supervision : Alternative Practices for Helping Teachers Improve Instruction. Alexandria, Virginia : ASCD.
Glickman, C.D. 1990. Supervision of Instruction : A Development Approach. Needham Heights : Allyn and Bacon.
Hadi, S. 1992. Metodologi Reseach Jilid I. Yogyakarta : Andi Offset.
John. S. 1985. Penilaian Pelaksanaan dan Pengembangan Karyawan. Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo.
Mantja, W. 1989. Manajemen Pembinaan Profesional Guru Berwawasan Pengembangan Sumber Daya Manusia : Suatu Kajian Konseptual Historik dan Empirik. Malang : IKIP Malang.
Mantja, W. 1998. Model Pembinaan / Supervisi Pengajaran Bahan Ajar. Malang : tidak diterbitkan.
Mantja, W. 2002. Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang : Wineka Media.
Muchlis. 1998. Studi Faktor Penentuan Kepuasan Kerja Dosen FIP IKIP Malang. Skripsi Tidak diterbitkan. Malang ; FIP Malang.
Porter, L.W, Steers, R.M. Mowday & Boulian, P.V. 1974. Organizational commitment, job satisfaction and turnover among psychiatric technicians. Journal of Applied Psychology, November 59.
Pidarta, M. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Pidarta, M. 1992. : Landasan Kependidikan : Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Rifai, M.M. 1986. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Jemmars.
Sahertian, Piet A. 2000. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka
Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.
Sahertian, P.A, dan Sahertian, I.A. 1998. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Program Inservice Education. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Sudjana. 1992. Metode Statistik (Edisi ke-5). Bandung : Tarsito
Suryabrata, S. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Steers, R.M. 1984. Instruduction to Organizational Behavior (Second edition). Clenview Illinois: Scott, Foresment and Company
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3659
Article Metrics
Abstract view : 1979 timesPDF - 5888 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.