PENGARUH LATIHAN PENCAK SILAT TERHADAP PEMBENTUKAN KONSEP DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pada pembentukan konsep diri dan kepercayaan diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat dan non-pencak silat serta adanya keterkaitan gender terhadap konsep diri dan kepercayaan diri. Jenis penelitian ini menggunakan kategori non-eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan desain causal comparative. Populasi penelitian ini terdiri dari enam puluh siswa terbagi menjadi tiga puluh siswa ekstrakurikuler pencak silat dan tiga puluh siswa non-pencak silat serta menggunakan teknik purposive sampling, dengan berdasarkan ciri atau karakteristik dari siswa ekstrakurikuler pencak silat dan non-pencak silat. Diberikan instrumen berupa angket konsep diri (Robson Self-Concept Quessionnaire) dan kepercayaan diri (The Self-Confidence Assesment). Hasil uji anova satu jalur menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat konsep diri dan kepercayaan dirinya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pencak silat serta tidak adanya keterkaitan gender terhadap pembentukan konsep diri dan kepercayaan diri siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ball, K., & Martin, J. (2012). Self-defense training and traditional martial arts: Influences on self-efficacy and fear related to sexual victimization. Sport, Exercise, and Performance Psychology, 1(2), 135–144.
Bandura, A. (2006). Guide for constructing self-efficacy scales. Self-Efficacy Beliefs of Adolescents.
Bénabou, R., & Tirole, J. (2002). Self-confidence and personal motivation. Quarterly Journal of Economics, 117(3), 871–915.
Cashmore, E. (2008). Sport and Exercise Psychology: The Key Concepts. In Sport and Exercise Psychology: The Key Concepts (Second Edi).
Channon, A. (2018). Martial Arts Studies and the Sociology of Gender: Theory, Research and Pedagogical Application. The Martial Arts Studies Reader, 44(0), 155–170.
Cox, R. H. (2012). Sport psychology insights. In Sport Psychology Insights.
Crawford, M., & Gentry, M. (1989). Gender and thought: psychological perspectives. In Choice Reviews Online (Vol. 27).
Feldman, A. F., & Matjasko, J. L. (2005). The role of school-based extracurricular activities in adolescent development: A comprehensive review and future directions. Review of Educational Research, 75(2), 159–210.
Fitts, W. H., & Warren, W. L. (1996). Tennessee Self-Concept Scale: Second Edition (TSCS:2). 7. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=jlh&AN=2000066820&site=ehost-live
Gana, K. (2012). Psychology of self-concept. In K. Gana (Ed.), Psychology of Self-Concept. Retrieved from http://www.novapublishers.com
Gristyutawati, A. D., Purwono, E. P., & Widodo, A. (2012). Persepsi Pelajar Terhadap Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa Sekota Semarang Tahun 2012. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(3), 129–135.
Jannah, M., & Juriana. (2017). Psikologi Olahraga: Student Handbook (Edisi 1, C; M. Jannah & Juriana, Eds.). Gowa: PT. Edukasi Pratama Madani.
Kirmizi, Ö. (2015). The interplay among academic self-concept, self-efficacy, self-regulation and academic achievement of higher education l2 learners. Journal of Higher Education and Science, 5(1), 32–40.
Maksum, A., Suroto, & Mahardika, I. M. S. (2016). Dari Konflik Kekerasan Menuju Perdamaian : Abstrak Pendahuluan. (June), 1–11.
Marsh, H., & Shavelson, R. J. (1985). Self-Concept: Its Multifaceted, Hierarchial Structure. Vol. 20(No. 3), 107–123.
Mulyana. (2013). Pendidikan Pencak Silat: Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa (Cetakan pe; N. Nur Muliawati, Ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana. (2017). Improving Self-Concept through Pencak Silat Learning Mulyana. 1st Annual Applied Science and Engineering Conference, 012218(1).
Nirmalawati. (2011). Pembentukan konsep diri pada siswa pendidikan dasar dalam memahami mitigasi bencana. Jurnal SMARTek, 9(1), 61–69.
Oyserman, D. (2015). Self-Concept and Identity. (February 2012).
Purbodjati. (2018). Pencak Siat Membentuk Kualitas Manusia Indonesia Berkarakter Jati Diri Bangsa. 1–19. Retrieved from [email protected]/blogspot
Purnomo, D. A. (2019). PSHT dan Winongo Bentrok di Wonogiri, Kapolda Jateng Irjen Rycko Kumpulkan Tokoh-tokohnya. Retrieved June 5, 2020, from tribunjateng.com website: https://jateng.tribunnews.com/2019/05/09/psht-dan-winongo-bentrok-di-wonogiri-kapolda-jateng-irjen-rycko-kumpulkan-tokoh-tokohnya
Reishehrei, A. P., Reishehrei, A. pouladei, & Soleimani, E. (2014). A Comparison Study of Self Concept and Self Efficacy in Martial Arts and non Martial Arts Athletics in Iran. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 5025–5029.
Roichatul, J., & Khikmah, A. N. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Luhur BUdaya Pencak Silat sebagai Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 141–146. Retrieved from http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/898
Shavelson, R. J., & Bolus, R. (1981). Self concept: The Interplay of Theory and Methods. Journal of Educational Psychology, 74(1), 3–17.
Sliwa, J. (2016). Self-Esteem Gender Gap More Pronounced in Western Countries. Retrieved May 12, 2020, from American Psychological Association website: https://www.apa.org/news/press/releases/2016/01/self-esteem-gender
Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare ). Jurnal Biotek, 5, 87–102. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/viewFile/3448/3243
Woodman, T., Akehurst, S., Hardy, L., & Beattie, S. (2010). Self-confidence and performance: A little self-doubt helps. Psychology of Sport & Exercise, 11, 467–47.
Yuliana, M. R. (2016). Pengaruh Ekstrakurikuler Pencak Silat Terhadap Kepercayaan Diri Siswa di SMA N 3 Kota Sukabumi. 1–5.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8543
Article Metrics
Abstract view : 3614 timesPDF - 5547 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.