Pengaruh Pembelajaran Sirkuit Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Dribble dan Shooting Bola Basket
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain atau rancangan dalam penelitian ini matching only design. Rancangan ini terdapat kelompok kontrol, kelompok eksperimen dengan adanya perlakuan, adanya pretest-posttest untuk memastikan efektifitas perlakuan yang diberikan. Dua kelas dari sembilan kelas pada lingkup penelitian yang akan dijadikan sampel, satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan melakukan undian secara acak. Hasil uji paired sample t-test dalam kelompok eksperimen menunjukkan pengaruh yang signifikanpada variabel dribble bola basket memiliki signifikansi 0,034 dan shooting bola basket memiliki signifikansi 0,029. Dengan demikian, disimpulkan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran sirkuit berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran PJOK meningkatkan hasil belajar dribble dan shooting bola basket.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Budiyanto, K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 46–51.
Hamzah. (2013). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Juniardi, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket Melalui Pendekatan Bermain. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(1), 23–28.
Kristiyandaru. (2010). Manajemen Pendidikan Jasmani. Surabaya: Unesa Univesity Press.
Maksum, A. (2009). Statistik Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa Univesity Press.
Maksum, A. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa Univesity Press.
Mashud, M. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga, 17(2), 77–85.
Mashud, M. (2020). The Learning Effectiveness of Basic Throwing Movement Through Playing Approach. 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019) The, 407(Sbicsse 2019), 23–30. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200219.007
Nuriawati, I. (2020). Efektivitas Model Permainan Target Berbasis Goal Pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Multilateral Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 13–22.
Priyono, I. H. (2013). Upaya Peningkatan Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Bola Basket Melalui Variasi Latihan Dribble Pada Kelas XI IPA III SMA Negeri Jatiroto. Jurnal Multilateral, 14(1), 36–43.
Putra, D. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Kesegaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Di SMAN 12 Padang. Journal Pendidikan Rokania, 1(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Shobari, I. (2012). Aplikasi Model Pembelajaran Bermain Melalui Aktivitas Sirkuit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Loncat Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 04 Bejen Karanganyar. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan, 1–19.
Sukardi, & Suyatmin. (2016). Penerapan Model Aktivitas Sirkuit Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Penjaskesrek Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 3(2), 20–23.
Supian, A. (2014). Kontribusi Kecepatan Lari dan Kelincahan Terhadap Kecepatan Dribbling Bola Basket pada Pemain Basket Putra SMKN 3 Banjarbaru. Jurnal Multilateral Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 13(1), 37–53.
Syah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Syahrial, S. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Circuit Learning: Suatu Upaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 3(2), 285. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i2.151
Taib Harun, M. (2015). Effective Classroom Management Skills in Physical Education at Institute of Teacher Education. Education Journal, 4(2), 60. https://doi.org/10.11648/j.edu.20150402.12
Sebahattin, D, et al (2012) Development of Innovation Strategies for Sports Education. Journal of sport education. Vol. 46 No 12.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8614
Article Metrics
Abstract view : 1292 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1130 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.