MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK NILAI, AGAMA DAN MORAL MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING DENGAN METODE STORY TELLING DAN MODEL TALKING STICK UNTUK ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas anak dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak yaitu terbiasa berperilaku sopan santun menggunakan kombinasi model role playing dengan metode story telling dan model talking stick pada anak kelompok B1 PAUD Terpadu Banjarmasin Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian (PTK) dengan tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan disetiap pertemuannya aktivitas guru meningkat dengan kriteria sangat Baik, aktivitas anak berkembang menjadi sangat aktif dengan persentase 88% dan hasil perkembangan anak menjadi Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan persentase 96%. Hasil penelitian ini dapat.digunakan sebagai alternatif dalam pemilihan model dalam mengembangkan perkembangan nilai agama dan moral anak.
Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral, Terbiasa Berperilaku Sopan Santun, Role playing, Story Telling, Talking Stick
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, Trianto Ibu Badar. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Penadamedia Group.
El-khuluqo, Ihsan. (2015). Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: UHAMKA Press
Gunarti, Winda, Dkk. (2012). Metode Perkembangan Perilaku Dan Kemapuan Dasar Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka.
Hidayat, Otib, Satibi. (2009). Perkembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hildayani, Rini. (2009). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Manispal. (2013). Sikap.Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo
Purwanti, R., & Suhaimi, S. (2020). Model GELPITAS (gerak & lagu, picture & picture, talking stick) untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak taman kanak-kanak. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2). doi: https://doi.org/10.21831/jppm.v7i2.30204
Sanjaya, Wina. (2013). .Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sisdiknas. (2014). UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud.
Susanto, Ahmad. (2012. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Bebagi Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan & Konseling. Jakarta:Perdana Media Group
Sujiono, Yuliani. Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Suriansyah, Ahmad. Aslamiah, Ahmad. Sulistiyana. (2015). Profesi Kependidikan “Prespektif Guru Prosfesional”. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suriansyah, Ahmad, Dkk. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wiyani, Novan Ardy dan Barnawi. (2012). Format Paud Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pt Ar-Ruzz Media.
Yamin, Martinis. Jamilah Sabri Sanan. (2013). Panduan PAUD. Ciputat: Referensi Gaung Persada Press Group
Zebaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3213
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats