MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK MELALUI MODEL TAKE AND GIVE, MODEL SAVI, DAN METODE DRILL PADA ANAK USIA DINI

Shonia Ade Putri, Ahmad suriansyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan pengembangan kemampuan aspek kognitif dalam mengklasifikasikan benda (berdasarkan warna, bentuk serta ukuran) menggunakan kombinasi model take and give, model savi dan metode drill. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan kelompok B2 PAUD Terpadu Aisyiyah 39 Al Ummah. Penelitian dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dengan menerapkan kombinasi model take and give, model SAVI dan metode drill dapat meningkatkan aktivitas guru hingga mencapai 97%, aktivitas anak mencapai 100% dan hasil perkembangan kognitif anak mencapai 100%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemilihan model dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak.

Kata kunci: Kognitif, mengklasifikasikan benda , model take and give, model savi, metode drill                                            


Full Text:

PDF

References


Asniwati & Faisal, M. S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Kombinasi Model Group Investigation Dan Take and Give Pada Siswa Kelas IV SDN Berangas 1 Barito Kuala. Paradigma, 8(2).

Darwinto, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Kartu Bergambar Doa Pada Sentra Keagamaan Di Paud Sekar Gading Desa Klaling Jekulo Kudus (Doctoral dissertation, STAIN KUDUS). http://repository.iainkudus.ac.id/546/

Kemendiknas. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kana.Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, T. D. D., Sudjana, Y., & Pudyaningtyas, A. R. (2016). Pengaruh Model take And Give Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Tk Ar-Rohmah Wirun Mojolaban Sukoharjo. Kumara. Cendekia, 6(3), 146-152.

Purwanti, R., & Talia, Y. N. (2019). Implementasi Model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization and Intelectually (Savi) Dan Course Review Horray (Crh) Untuk Meningkatkan Aktifitas Siswa Kelas VA Di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin. Vol 5(1), 127-138.

Rizqi, M. (2021). Learning Tools with SAVI Participation (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) in Improving Mathematical Communication Skills in the Industrial Revolution Era 4.0. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1779, No. 1, p. 012063). IOP Publishing.

Rizalie, A. R. P. M. (2015). Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Tandur Dan Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas 4 SDN Pelambuan 8 Banjarmasin. Paradigma, 10(1).

Suriansyah, A & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin. Comdes

Prasetyo, A.R & Muhyani R. (2016). Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Tandur Dan Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas 4 SDN Pelambuan 8 Banjarmasin. Paradigma, 10(1).

Yunita, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Drill Dengan Media Gambar Di Tk Bekti Mulia Muaro Jambi. Jurnal Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Drill Dengan Media Gambar Di Tk Bekti Mulia Muaro Jambi. https://repository.unja.ac.id/10295/.




DOI: https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats