IMPLEMENTATION OF THE COMBINATION OF EXPLICIT INSTRUCTION MODEL, DRILL METHOD AND MEDIA BOWLING IN DEVELOPMENT MOTOR ROUGH AT GROUP A KINDERGARTEN

Muhammad Galih Asyari, Deasy Arisanty

Abstract


The problem of this research is the low on motor rough in using the right hand and left hand in throwing in a directional manner. This is because the child has not been able to show the attitude of throwing on target, the presentation of learning activities carried out by the teacher is less attractive. The research method used is a literature study by collecting articles related to the research. The effort to improve activities and learning outcomes through explicit instruction model learning methods, drill methods and bowling media. The purpose of this study was to determine the teacher's activity steps, children's activities and the result of children's development in the ability to throw directed at group A children. It can be concluded that using an explicit instruction model, drill method and bowling media through directed throwing activities using the right and left hand can develop teacher and children's activities, and develop children's motor rough skills in group A Kindergarten.


Keywords


Motoric, Explicit Instruction, Drill Method, Media Bowling

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. & Trianto (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovativ, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dewi, dkk. 2014. Penerapan Metode Drill Melalui Kegiatan Melukis Mixed Media Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 No 1.

Dewi, R. K., & Hasibuan, R. (2015). Pengaruh Permainan Bowlling Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 4.

Embun. (2012). Banjir Embun. Penelitian Kepustakaan

Farida, Aida. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah. Vol 4, No 2.

Harista, Nita Julistia. (2016). Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus.

Jamilah. (2019). Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Dalam Mengekspresikan Diri Dengan Berkarya Seni Menggunakan Metode Outdoor Learning Dikombinasikan Dengan Metode Pemberian Tugas Dan Metode Drill Melalui Kegiatan Melukis Pada Anak Kelompok A Di Tk Mawaddah Banjarmasin. http://digilib.ulm.ac.id/archive/digital/detailed.php?code=7551

Julianidar. (2015). Penerapan Metode Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Murid Taman Kanak-Kanak Karnida Bahagia Perum Sidomulyo Kota Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 4, No. 2. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/2945

Masganti, (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Nurfajariah, Suci. (2019). Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Dalam Mengontrol Gerak Tangan Yang Menggunakan Otot Halus Dalam Menjiplak Bentuk Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Metode Drill, Media Gambar Pada Anak Kelompok A Tk Islam Masjid Jami Teluk Dalam Banjarmasin. http://digilib.ulm.ac.id/archive/digital/detailed.php?code=7687.

Partini. (2010). PengantarPendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media

Prastika, Yeni & M. Dani Wahyudi. (2017). Mengembangkan Aspek Motorik Kasar Anak Melalui Model Explicit Instruction Divariasikan Dengan Permainan Tradisional. j-PPras. Vol 1, No 1. Diakses pada 16 juli 2020. https://rumahjurnal.net/index.php/JPP/article/view/196/149

Risyanti, Erwina Eka. (2019). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Menggunakan Tangan Kanan Dan Kiri Dengan Model Explicit Instruction Dikombinasikan Model Talking Stick Dan Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di Tk Perumnas Kecamatan Banjarmasin Utara. http://digilib.ulm.ac.id/archive/digital/detailed.php?code=6560

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Suriansyah, Ahmad dan Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: Comdes

Yunidya, Alya. (2019). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melakukan Gerakan Terkoordinasi Dalam Melakukan Gerak Dan Lagu Melalui Kombinasi Model Explicit Instruction, Metode Drill, Dan Model Role Playing Pada Anak Kelompok B Tk Harapan Masa Terantang I Kabupaten Barito Kuala. http://digilib.ulm.ac.id/archive/digital/detailed.php?code=7503

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zubaidah. Mengembangkan Motorik Halus Anak Dalam Melakukan Eksplorasi Pada Berbagai Media Dan Kegiatan Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Metode Demonstrasi Dan Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Melati Banjarmasin Timur.http://digilib.ulm.ac.id/archive/digital/detailed.php?code=7877

Susanti, Novia Agus. (2019). Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Dalam Menempel Gambar Dengan Tepat Mengunakan Kombinasi Model Demonstrasi, Explicit Instruction, Dan Model Course Review Horay Pada Anak Kelompok B Tk Junjung Buih Alalak Barito Kuala. http://digilib.ulm.ac.id/archive/digital/detailed.php?code=6824




DOI: https://doi.org/10.20527/e-chief.v2i1.5252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats