Penanaman Nilai Pendidikan Islam Melalui Hafalan Asmaul Husna Menggunakan Metode Bernyani pada Anak Usia Dini
Abstract
Pendidikan anak usia dini sangat diperlukan dan memiliki tujuan untuk mengembangkan seluruh potensi juga minat anak agar kelak menjadi manusia utuh yang mampu hidup dengan masyarakat disekelilingnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pedalaman nilai pendidikan Islam melalui hafalan Asmaul Husna menggunakan metode bernyanyi di RA Al Irsyad. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang fokus pada usaha menggambarkan karakterisik objek menurut perspektif peneliti menggunakan jenis penelitian yang dikenal sebagai penelitian lapangan dengan cara turun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data dan item-item yang disajikan. Hasil penelitian menyangkut kegiatan kegiatan pembelajaran di RA Al Irsyad yaitu pada kegiatan awal, inti dan penutup. Metode bernyanyi mampu membuat anak menjadi mudah dalam menghafal Asmaul Husna. Tentunya dari metode bernyanyi ini terdapat kelebihan dan kekurangan terhadap proses pembelajaran di RA Al Irsyad. Namun dari kekurangan tersebut diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi agar terus memperbaiki metode pembelajaran agar berjalan dengan optimal. Adanya penerapan pembelajaran dengan mengunakan metode bernyanyi Islami tentu sangat meningkatkan pengetahuan anak tentang ketuhanan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/e-chief.v3i1.7468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats