APLIKASI MODEL ANTRIAN PADA OPTIMALISASI PELAYANAN PT KAI STASIUN LEMPUYANGAN YOGYAKARTA

Kris Suryowati, Maria Titah JP, Etika Permata Sari

Abstract


Model antrian merupakan pemodelan matematika yang berkaitan dengan masalah mengantri. Pelayanan pada PT Kereta Api Indonesia Stasiun Lempuyangan Yogyakarta pada akhir pekan (week end) biasanya terjadi peningkatan kedatangan pelanggan cukup tinggi sehingga waktu antar kedatangan lebih kecil dari pada waktu pelayanan, dan garis tunggu (waiting line) cukup panjang. Hal ini menunjukkan tingkat pelayanan tidak optimal, sehingga pada penelitian ini dibahas pembentukan model antrian yang tepat dalam rangka peningkatan kualitas sistem pelayanan. Pada pembahasannya diasumsikan tidak ada pelanggan yang saling mendahului ataupun meninggalkan antrian sebelum selesai dilayani. Data survey waktu antar kedatangan, rata-rata jumlah kedatangan pelanggan per waktu, dan rata-rata pelayanan loket pembelian tiket jarak jauh, serta hasil uji hipotesis menunjukan rata-rata tingkat kedatangan pelanggan berdistribusi Poisson, waktu antar kedatangan berdistribusi eksponensial, rata-rata waktu pelayanan berdistribusi eksponensial, sehingga bentuk modelnya (M/M/1): (GD/∞/∞). Hasil simulasi diperoleh model optimal (M/M/2): (GD/∞/∞). Model antrian pada pelayanan check in tiket (M/M/2): (GD/∞/∞) menunjukkan sudah optimal. Pelayanan cetak tiket mandiri menunjukkan model self service dan modelnya berbentuk (M/M/∞): (GD/∞/∞), hal ini perlu ditingkatkan kualitas layanannya dengan mengganti komputer sesuai spesifikasinya dan diberi petugas, sehingga waktu pelayanan lebih efektif.

Keywords


Distribusi Poisson, distribusi eksponensial, (M/M/2): (GD/∞/∞), self service

Full Text:

PDF

References


Ersyad, ZA dan Devianto, D , 2010 , Jurnal Matematika, Identifikasi Model Antrian pada Antrian Bus Kampus Universitas Andalas, UNAND, Padang

Haizer, J. & Render, B., 2005, Operation Research, Salemba Empat, Jakarta

Kakiay, T.J.,2004, Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata, Andi, Yogyakarta

Nurrahmi, E F dan Prita, L , 2012, Jurnal Teknik POMITS, Kajian Antrian tipe M/M/∞ dengan Sistem Pelayanan yang Lambat dan Pelanggan yang tidak sabar, ITS, Surabaya

Ross, S.M., 2007, Introduction to Probability Models, Academic Press, California

Siagian, P., 1992, Operation Research, FEUI, Jakarta

Suryadi, P.A dan Manurung N.J, 2009, Jurnal Teknologi, Model Antrian pada Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit,Universitas Udayana, Bali

Sya’diyah, E. dan Suryowati, K, 2017, Analisis Sistem Antrian pada Pelayanan Teller di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kota Tegal, Jurnal Statistika Industri dan Komputasi Vol.2, IST AKPRIND, Yogyakarta

Taha, H.A., 1996, Riset Operasi Jilid 5, Binarupa Aksara, Jakarta

Wagner, H.M., 1978, Principle of Operation Research, Mc-Graw Hill Book Co , New York




DOI: https://doi.org/10.20527/epsilon.v12i1.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MATEMATIKA MURNI DAN TERAPAN EPSILON

Indexed by:

          

 

EDITORIAL OFFICE 

           

 

 

 

Creative Commons License
JMMTE is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.