Analisis Preferensi Konsumen terhadap Buah Impor Apel Fuji dan Pir di Kota Banjarbaru
Abstract
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji karakteristik konsumen buah impor di Kota Banjarbaru, dan mengkaji atribut buah impor yang menjadi preferensi dan yang dipertimbangkan konsumen buah impor di Kota Banjarbaru. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis multiatribut fishbein menggunakan skala likert. Sedangkan untuk menentukan jumlah responden menggunakan purposive sampling. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen buah impor di Kota Banjarbaru bervariasi, dilihat dari faktor jenis kelamin, usia, pekerjaan, penghasilan, suku, jumlah anggota keluarga, dan tingkat pendidikan. Atribut buah impor yang menjadi preferensi konsumen diantaranya rasa manis dengan nilai skor 4, ukuran besar dengan nilai skor 3,8, dan buah yang memiliki aroma khas dengan nilai skor 3,6. Atribut buah impor yang memiliki nilai kepentingan tertinggi adalah rasa buah dengan nilai skor 17,75.
Kata kunci: buah impor, preferensi konsumen, perilaku konsumen, multiatribut fishbein
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Perdagangan (Kemendag). 2018. Perkembangan Impor NonMigas (Komoditi) Periode 2013-2018. http://www.kemendag.go.id/. (Diakses pada tanggal 23 November 2018 jam 20.20 WITA)
Ralibi, U. 2015. Pengaruh kesadaran, persepsi dan preferensi konsumen terhadap perilaku mengkonsumsi buah lokal di kawasan pemukiman Jakarta Timur. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta
Sadeli, A.H. & H.N. Utami. 2017. Sikap konsumen terhadap atribut produk untuk mengukur daya saing produk jeruk. Jurnal Ekonomi Trikono- mika, 12(1), 61-71
DOI: https://doi.org/10.20527/frontbiz.v3i4.2122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: [email protected]