Analisis Sistem Pemasaran Tomat di Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Abstract
Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran tomat di Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian dilakukan dari bulan Februari sampai Juni 2018 di Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sistem pemasaran tomat yang berada di Kecamatan Telaga Langsat terdapat tiga saluran pemasaran yaitu pertama, petani langsung ke konsumen; kedua, petani pedagang pengecer kemudian ke konsumen; ketiga, petani pedagang pengumpul kemudian pedagang besar selanjutnya pedagang pengecer dan terakhir ke konsumen. Sistem pemasaran tomat yang mempunyai biaya pemasaran tertinggi ada pada saluran pemasaran III yaitu sebesar Rp 3.996,23/kg dan biaya terkecil ada pada saluran II Rp 1.042,15/kg. Marjin total pada sistem pemasaran tomat yang terbesar ada pada saluran III sebesar Rp 8.737/kg dan terkecil pada saluran II sebesar Rp 2.800/kg. Keuntungan terbesar pada sistem pemasaran ini terdapat pada saluran III sebesar Rp 3.835,17/kg, sedangkan keuntungan yang terkecil ada pada saluran I sebesar Rp 392,35/kg. Saluran pemasaran paling efisien adalah saluran pemasaran II karena nilai ekonomis dan teknisnya baik dibandingkan saluran pemasaran lainnya.
Kata kunci: tomat, sistem pemasaran, saluran pemasaran
Full Text:
PDFReferences
Mulyawan, S. 2007. Metode Pengamatan Organisme Pengganggu Tumbuhan Tanaman Buah. Direktorat Perlindungan Tanaman Hortikultura, Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.20527/frontbiz.v3i4.2124
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: [email protected]