Analisis Pemasaran Bawang Daun (Allium Fistolisum L.) yang Diproduksi di Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru
Abstract
Bawang daun merupakan salah satu jenis sayuran dalam kelompok bawang yang lazim ditanam di Indonesia. Produk yang dihasilkan dari kegiatan bercocok tanam tersebut kemudian dipasarkan melalui berbagai saluran pemasaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis saluran pemasaran, besar biaya, margin, keuntungan pemasaran dan Share yang diterima produsen atau petani, dan permasalahan yang terjadi di lembaga pemasaran yang terlibat. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru dari bulan Juli 2022 sampai dengan Maret 2023. Lokasi penelitian dipilih secara purposive sampling. Untuk menentukan metode dalam pengambilan sampel petani yaitu dengan metode simple random sampling dari 112 orang populasi petani dan diambil 28 petani bawang daun. Sedangkan untuk pedagang pengumpul dan pengecer dengan metode snowball sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian terdapat dua saluran pemasaran yang berbeda. Hasil yang didapat dari besarnya biaya, margin dan keuntungan dari saluran I bawang daun, untuk tempat pemasarannya yaitu di pasar Laura Banjarbaru adalah sebesar Rp 3.356,66/kg, Rp 5.250,00/kg dan Rp 533,34/kg. dan untuk besarnya biaya, margin dan keuntungan pada saluran II bawang daun adalah yaitu sebesar Rp 4.207,56/kg, Rp 7.000,00/kg dan Rp 2.792,44/kg, untuk wilayah pemasarannya di pasar Pom Liang Anggang. Share yang didapat petani pada saluran I yaitu sebesar 75,29%, dan untuk pedagang pengecer sebesar 24,70%. Share yang didapat petani pada saluran II yaitu sebesar 65,85%, untuk pedagang pengumpul yaitu sebesar 9,75%, dan untuk pedagang pengecer sebesar 24,39%. Permasalahan yang terjadi di petani yaitu kurangnya pengetahuan mengenai harga pasar. Untuk pedagang pengumpul masalah yang dihadapi yaitu kualitas dan kerusakan bawang daun yang diterima dari petani. Sementara yang dihadapi pedagang pengecer yaitu penanganan sebelum habis terjual.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Badan Pusat Statistik (BPS). 2021 Luas Panen. Produksi. dan Produktivitas Bawang Daun di Kota Banjarbaru. Banjarbaru.
Cahyono, B.2011. Seri Budidaya Bawang Daun. Kanisius. Yogyakarta.
Dewi DAA, Darsono, Agustono. 2018. Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung (Zea Mays) di Kabupaten Wonogiri. Jurnal of Agricultural Socioeconomics and Business, 1(2).
Levens, Michael. 2010. Marketing. Defined, Explained, Applied. International Edition. Pearson. Prentice Hall.
Sudiyono. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. UMM Press. Malang
DOI: https://doi.org/10.20527/frontbiz.v7i2.9421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: [email protected]