Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Cafe Balai Kuta di Kota Banjarbaru
Abstract
Indonesia merupakan Negara yang dilalui garis khatulistiwa dengan musim dan cuaca relatif stabil dan tanah yang subur sehingga berpeluang besar untuk menjadi Negara penghasil kopi ternama di dunia. Bisnis Cafe adalah bentuk usaha yang menawarkan layanan dan produk. Oleh karena itu Cafe harus mampu mengetahui kebutuhan dan keinginan yang mampu menciptakan kepuasan bagi konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik konsumen dan tingkat kepuasan konsumen terhadap Cafe Balai Kuta di Kota Banjarbaru. Sampel didalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang berada di kafe Balai Kuta dan telah melakukan kunjungan ke kafe Balai Kuta. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan jenis pengambilan data menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan 138 responden yang telah memenuhi karakteristik. Tingkat kepuasan konsumen dalam penelitian ini diukur menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan 16 atribut kepuasan konsumen. Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat kepuasan konsumen Kafe Balai Kuta di Kota Banjarbaru berada pada tingkat “Puas” (48%). Kesimpulan pada penelitian ini tingkat kepuasan pelanggan di Kafe Balai Kuta Banjarbaru, mayoritas atribut menunjukkan kategori pertahankan prestasi yakni, pelayaman termasuk penting dan memuaskan. Beberapa atribut yang termasuk dalam kategori tersebut adalah aroma kopi, kenyamanan tempat, kebersihan tempat, lokasi dan dekorasi.
Full Text:
PDFReferences
Eboli, L dan Mazzulla, G. 2009. A New Customer Satisfaction Index for Evaluating Transit Service Quality. Journal of Public Transportation, Vol. 12 No. 3
Hartono, D. 2018. Analisis Preferensi Konsumen Di Kafe Ruang Kopi Bogor. Institusi Pertanian Bogor (Skripsi). Jawa Barat.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edisi Milenium Indeks.
Setiawan, E dan Sri Ayu. 2016. Analisis Kepuasan Konsumen (Suatu Kasus Pada Kedai Kopi Di Wilayah Majalengka). Jurnal Ilmu Pertanian dan Pertenakan. Universitas Majalengka.
Simamora U. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
DOI: https://doi.org/10.20527/frontbiz.v7i2.9423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Email: [email protected]