The Influence of Use Of The Solar System Scope Application on Student Participation in Solar System Sub-Material Class VII SMPN 24 Banjarmasin

Desvia Alya Putri Julia Wardanis, Sauqina Sauqina, Mella Mutika Sari

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh penggunaan Aplikasi Solar System Scope terhadap partisipasi belajar siswa pada sub materi Tata Surya kelas VII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negri 24 Banjarmasin, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas VIIG dan VIIH yang berjumlah 34 orang, dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan alasan dan kategori tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji ANCOVA, hasil yang diperoleh nilai signifikansi 0,020 < 0,05 dan thitung 5,707 > ttabel 3,99 artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan ruang lingkup tata surya berpengaruh terhadap partisipasi belajar siswa pada kategori sedang. Besarnya pengaruh dilakukan dengan menggunakan uji effect size.

Keywords


Solar system scope application, learning participation;solar system material;ANCOVA analysis

Full Text:

PDF

References


Aridya, L. I., & Shofiyah, N. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS 5E BERBANTUAN APLIKASI SOLAR SYSTEM SCOPE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11-20.

Budiani, N. M. (2020, April 07). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN METODE STUDY KASUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII B SEMESTER I SMP NEGERI 1 TAMPAKSIRIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Dipetik March 12, 2023, dari CORE: https://core.ac.uk/reader/326447867

Dhaki, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8-15.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Harmain, R. (2021). Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Materi Mengidentifikasi Macam-Macam Limbah Melalui Metode Diskusi. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 1(1), 35-21.

Ifani, R., Munzil, & Setiawan, A. M. (2021). Kajian Literasi Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interakti Berbasis Game Edukasi Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(4), 278-281.

INOVE. (2017). About Solar System Scope. Retrieved March 25, 2023, from Solar System Scope: https://www.solarsystemscope.com/about

JJ, H., & Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Nurhamidah, S. D., Sujana, A., & Karlina, D. A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318-1329.

Putri, I. S., & Kelana, J. B. (2022, Desember 02). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN APLIKASI SOLAR SYSTEM SCOPE DAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 2(1), 67-81.

Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Proseding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 3(1), 35-40.

Rozie, F. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pempelajaran sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 1-12.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-Determination Theory in Work Organizations: The State of a Science. New York: The Guilford Press.

Sari, I. M., Ahmad, S. F., & Amsor. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI TATA SURYA MELALUI PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI SOLAR SYSTEM SCOPE UNTUK SISWA SMP. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 4(2), 01-17.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudajana, N., & Rifai, A. (2009). Media Pengajaran. Bnadung: Sinar Baru Algensindo.

Suryobroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Retrieved May 08, 2023, from ttp://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/sistempengajaran-dengan-modul-b-suryosubroto-26406.html

Thapa, A., Cohen, J., Guffey, S., & Higgings-D'Alessandro, A. (2013). A review school climate research. Review of Educational Research, 83(3), 357-385.

Uygur, M., Yelken, T. Y., & Akay, C. (2018). Analyzing the Views of Pre-Service Teachers on the Use of Augmented Reality Applications in Education. European Journal of Educational Research, 7(4), 849-860.

Widodo, W., Rachmadiarti, F., & Hidayati, S. N. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Yamin, M. (2007). Profesionalisme Guru Dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.20527/i.v3i2.11500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Science Education and Applied Science



IJSEAS has been Indexed by:

This work is licensed under CC BY-SA 4.0