INOVASI LKPD BERMUATAN KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

I Wayan Agus Setyawan Saputra, Syubhan Annur, Yasmine Khairunnisa

Abstract


Pengetahuan lokal mengandung nilai tradisi dan budaya dapat diintegrasikan kedalam materi pembelajaran sehingga menghasilkan kebermaknaan pembelajaran. Namun banyak guru belum menerapkannya karena keterbatasan sumber daya dan kurangnya pemahaman para guru. Media pembelajaran salah satu sumber daya yang digunakan dalam membantu pembelajaran dan dapat diintegrasikan dengan pengetahuan lokal sehingga mampu meningkatkan hasil belajar. LKPD yang diintegrasikan dengan pengetahuan lokal serta dikembangkan dengan model ADDIE dan metode R&D. Aspek validasi media, kepraktisan dan efektivitas digunakan untuk menganalisa kelayakan, kemudahan, manfaat dan peningkatan hasil belajar. Validasi media pembelajaran memperoleh persentase 74%, LKPD dinyatakan layak. Kepraktisan media memperoleh persentase 68%, LKPD dinyatakan mudah digunakan dan bermanfaat. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil tes yang diuji memperoleh n-gain 0.71, LKPD dinyatakan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: Inovasi, kearifan lokal, LKPD, hasil belajar.

 

Local knowledge contains traditional and cultural values that can be integrated into learning materials to produce meaningful learning. However, many teachers have not implemented it due to limited resources and lack of understanding of teachers. Learning media is one of the resources used to assist learning and can be integrated with local knowledge so as to improve learning outcomes. LKPD integrated with local knowledge and developed with the ADDIE model and R&D method. The aspects of media validation, practicality and effectiveness are used to analyze the feasibility, ease, benefits and improvement of learning outcomes. Validation of learning media obtained a percentage of 74%, LKPD was declared feasible. The practicality of the media obtained a percentage of 68%, LKPD was declared easy to use and useful. Improvement in learning outcomes was obtained from the results of the tests tested obtained an n-gain of 0.71, LKPD was declared able to improve student learning outcomes.

Keywords: Innovation, local wisdom, LKPD, learning outcomes.

 


Full Text:

PDF

References


Amaliyah, N., Hayati, N., & Kasanova, R. (2023). Implementasi pendekatan pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Miftahus Sudur Campor Proppo. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 142.

Arikunto. (2016). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Azizah, L., & Alnashr, M. S. (2022). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Dawuh Guru, 8-9.

Domu, I., & Mangelap, N. (2019). Developing of mathematical learning devices based on the local wisdom of the bolaang mongondow for elementary school. Journal Of Physics: Conference Series, 1387.

Fikri , A., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Husin, V., Wiyanto, & Darsono, T. (2018). Integrasi kearifan lokal rumah umekbubu dalam bahan ajar materi suhu dan kalor untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Physics Communication , 28.

Lazulfa, I. (2020). Pengembangan modul matematika diskrit berbasis arias pada mahasiswa teknik informatika. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 105.

Miranda. (2018). Pengembangan lembaran kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi teori asam basa di SMA Negeri 1 Trumonkabupaten Aceh Selatan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Nugraha, A. R., & Deta, U. A. (2023). Profil pemanfaatan kearifan lokal dalam program unggulan berbasis kearifan lokal di sekolah: Studi observasional. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran , 54.

Pribadi, B., & Purnama, D. (2014). Penilaian performa dalam pembelajaran sains. Jurnal Pendidikan, 22-30.

Putra, A. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis kearifan lokal pada materi tekanan kelas VIII SMP. In Disertasi. Jambi: Universitas Jambi.

Salamiyah., Astutik, P. T., & Wicaksono, T. A. (2023). Efektivitas lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis kearifan lokal dengan pendekatan STEAM pada materi asam basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 59.

Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bemuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 182.

Suarningsih, N. M. (2019). Peranan pendidikan berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran di sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 28-30.

Sudarmin, S., Mastur, Z., & Parmin, P. (2017). Pengetahuan ilmiah berbasis budaya dan kearifan lokal di Karimunjawa untuk menumbuhkan soft skills konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 1363-1369.

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti , J., Kamaludin , A., & Munip, A. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas, 195.




DOI: https://doi.org/10.20527/i.v4i1.12896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.