Validitas Booklet Sebagai Bahan Ajar Konsep Animalia (Bekantan)
Abstract
Konsep Animalia merupakan materi Biologi yang diajarkan di SMA kelas X berdasarkan Kurikulum Revisi 2013, dimana salah satu materi pokok yang diajarkan yaitu ciri-ciri umum hewan vertebarata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh). Berdasarkan survey di SMA Negeri 1 Tamban, pembelajaran yang dilakukan pada konsep animalia masih menggunakan sumber belajar berupa buku teks yang membuat peserta didik kurang antusias. Tujuan penelitian untuk mengembangkan booklet konsep animalia yang kemudian disesuikan dengan kebutuhan serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran materi biologi. Booklet divalidasi oleh validator yaitu 2 orang dosen Pendidikan Biologi dan 1 orang guru mata pelajaran Biologi. Berdasarkan penilaian oleh validator, booklet yang dikembangkan sudah baik dan valid untuk digunakan dalam penunjang pembelajaran pada konsep animalia terlebih pada sub bab vartebrata.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdkarya.
Atmoko, Tri. (2012). Bekantan Kuala Samboja Bertahan Dalam Keterbatasan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitas: Bogor. Tersedia: http://www.puskonser.or.id. Diakses pada tanggal 28 Mei 2021.
Cook, M. (2008). Students’ Comprehension of Science Concepts Depicted in Textbook Illustrations. Electronic Journal of Science Education. 12(1). 39-54.
Darmoko. (2012). Pengaruh Media Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani. Jakarta.
Francis, C. M. (2013). A photographic guide to Mammals of Saouth-East Asia. Times offset, Malaysia.
Gustaning, G. (2014). Pengembangan Media Booklet Menggambar MacamMacam Celana Pada Kompetensi Dasar Menggambar Celana Siswa SMK N 1 Jenar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamruni. (2015). Konsep Dasar Dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume XI
Iskandar, S., et,. al. (2017). Status Populasi Dan Konservasi Bekantan (Nasalis Larvatus Wurmb.1787) In Rawa Gelam Habitat, South Kalimantan). Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam, 123-132.
Nowak, R. M. (1983). Walker’s Mammals Of The Word. 4th Edition. The Johns Hopkins University Prees, London.
Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation. 4(1): 64-73.
Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2018). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen BahanAjar SMK Pertanian. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ketiga, Surakata. 474-481.
Rouillard, J. (2008). Contextual QR codes. In 2008 The Third International Multi-Conference on Computing in the Global Information Technology (iccgi 2008) (pp. 50-55). IEEE.
Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Diakses melalui www.repository.ut.ac.id/4157/1/IDIK4009-M1.pdf. pada tanggal 15 Mei 2021.
Sinaga, E., et,. al. (2015). Konservasi Bekantan Berbasis Masyarakat Di Pulau Bunyu. Pascasarjana Universitas Nasional. Jakarta.
Soegiyanto. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X Sma. Jurnal GeoEco, 147-154.
Suhirman. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Journal Of Early Childhood Islamic Education , Vol.2 No.1.
Supriatna, Jatna & Edy H. Wahyono. (2000). Panduan Lapangan Primata
Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Susilawati, N., & Marlina, R. (2015). Kelayakan Media Booklet Etnobotani di Desa Arus Deras Pada Subkonsep Manfaat Keanekaragaman Hayati SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5(1): 1-13.
Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional Develop for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.
Utami, W. F. (2016). Pengembangan Media Booklet Teknik Kaitan Untuk Peserta didik Kelas X SMKN 1 Saptosari Gunung Kidul. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses melalui www.eprints.uny.ac.id/55023 pada tanggal 2 Februari 2021.
DOI: https://doi.org/10.20527/i.v2i1.4157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Science Education and Applied Science
IJSEAS has been Indexed by: This work is licensed under CC BY-SA 4.0 |