Pengembangan Media Articulate Storyline pada Materi Energi untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains

Mely Ramadani, Ratna Yulinda, Maya Istyadji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media berbasis Articulate Storyline pada materi energi untuk melatih Literasi Sains dari hasil validitas dan uji keterbacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, sampai dengan tahap development. Pengumpulan data dilakukan oleh para ahli materi dan media untuk memperoleh hasil validitas sedangkan uji keterbacaan dilakukan oleh peserta didik di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Berdasarkan data yang diperoleh, media pembelajaran berbasis Articulate Storyline dinyatakan layak digunakan dan dimanfaatkan dalam proses pebelajaran dengan tingkat kelayakan sebesar 0,792 dan memiliki kriteria validitas sedang. Pada hasil uji keterbacaan diperoleh presentase sebesar 86,21% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan literasi sains yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terhadap peserta didik masih rendah, sehinga diperlukan pelatihan pada peserta didik terhadap kemampuan literasi sains.Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran berbasis Articulate Storyline layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar pada materi energi dalam upaya melatih kemampuan literasi sains pada peserta didik.

Keywords


pengembangan media; Articulate Storyline; keterbacaan

Full Text:

PDF

References


Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1-11.

Irawan, E. (2020). Deteksi Miskonsepsi di Era Pandemi. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Linda, R., Zulfarina, Mas'ud, & Putra, T. P. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 191-200.

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, Lestari, N., & Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. J.Pilar MIPA, 15(3), 223-228.

Narut , Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61-69.

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2020). Learning Multimedia Development Using Articulate Storyline for Student. Internasional Journal of Elementary Education, 4(4), 575-579.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03(2), 333-352.

Panjaitan, L. A. (2018). Pengembangan Literasi Sains di Sekolah. Bogor: Guepedia.

Prastika , M. D., Wati, M., & Suyidno, S. (2019). The Effectiveness of Problem-Based Learning in Improving Students Scientific Literacy Skills and Scientific Attitudes. Berkala Ilmu Pendidikan Fisika, 7(3), 185-195.

Pratama, Y., Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2020). The Use of Adobe Animate as a New Technology in Teaching Academic Essay Writing in Darma Persada University. Jurnal GEEJ, 7(1), 1-11.

Riefani, M. K. (2019). Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan "Keragaman Burung" di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Jurnal Vidya Karya, 34(2), 193-204.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 39-48.

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Sel. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19-25.

Tompo, B. (2017). Membuat Aplikasi dan Media Pembelajaran Interaktif with Lectora Inspire 16. Bantul: Penerbbit Ikatan Guru Indonesia (IGI) DIY.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, N. P., & Widodo, W. (2019). Keefektifan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vll pada materi konsep energi. E-Journal pensa, 7(2), 133-137.

Yukaristia. (2019). Literasi: Solusi Terbaik untuk Mengatasi Problematika Sosial di Indonesia. Jawa Barat: CV Jejak.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Jurnal tarbiyah: jurnal ilmiah kependidikan, 7(1), 17-23.




DOI: https://doi.org/10.20527/i.v2i1.7385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Science Education and Applied Science



IJSEAS has been Indexed by:

This work is licensed under CC BY-SA 4.0