Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Gerhana untuk Siswa SMP

Sindhi Dwi Lestari, Maya Istyadji, Ellyna Hafizah

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan adanya tuntutan pemanfaatan hasilperkembangan teknologi terutama ketika proses pembelajaran jarak jauh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajarnan materi gerhana yang sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi dan mampu digunakan untuk pembelajaran jarak jauhyang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah pada kelompok kecil 8 peserta didik kelas VII SMP/MTs sederajat. Data penelitian berupa hasil validasi yang ditinjau dari hasil lembar validasi dan hasil kepraktisan yang ditinjau dari angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran articulate storyline pada materi gerhana  (1) Hasil validasi kelayakan media ditinjau dari ahli materi dan ahli media mencapai 0,91 dengan kategori sangat valid (2) Hasil kepraktisan didapatkan mencapai 88% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini media pembelajaran articulate storyline pada materi gerhana untuk siswa SMP dinyatakan layak teruji dan praktis.

Keywords


Media interaktif; articulate storyline; gerhana

Full Text:

PDF

References


Amiroh. (2019). Mahir membuat articulate storyline. pustaka Ananda Srva.

Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i2.19366

Aziz, Y. S. (2016). Sihir Gerhana. Penerbit Buku Kompas.

Basori, B. (2019). Pengaruh video cerita anak terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak TK kecamatan Marpoyan damai kota Pekanbaru. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial …, 16(2), 294–316. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/23

Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503–511.

Gürkan, S. (2018). The Effects of a Mobile Assisted Vocabulary Learning Application on Vocabulary Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 9(3), 288–311. https://doi.org/10.17569/tojqi.407512

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Hambali, S. (2012). Pengantar ilmu falak. Bismillah Publisher.

Hoffman, J. A., & Miller, E. A. (2020). Addressing the Consequences of School Closure Due to COVID-19 on Children’s Physical and Mental Well-Being. World Medical and Health Policy, 12(3), 300–310. https://doi.org/10.1002/wmh3.365

Ismail, A., Rahayu, G., Putera, M. A. K., Aghniya, N. N., & Gumilar, S. (2021). Development of augmented reality as physics learning media on electric concepts. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(4), 042006. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/4/042006

Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50–58. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.11

Kemendikbud. (2020). surat edaran kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) no 4 tahun 2020.

Kinchin, I. M., Möllits, A., & Reiska, P. (2019). Uncovering types of knowledge in concept maps. Education Sciences, 9(2). https://doi.org/10.3390/educsci9020131

Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452

Pratiwi, S., Wiyono, K., & Zulherman. (2020). Pengembangan E-Learning Materi Newton Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. 8(2).

Risdiansyah, D., Purwaningtias, D., & Dharmawan, S. (2020). Pembangunan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Gerhana Dalam Tata Surya. Jurnal Informatika Kaputama(JIK), 4(2).

Rusman. (2000). Manajemen Kurikulum. SPS UPI.

Rusydi, I. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://www.neliti.com/id/publications/290643/peranan-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-kegiatan-pembelaja

Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas Va SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 409–415. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/963

Syabri, K. I., & Elfizon. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 95–99. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/43

Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penilaian Hasil Belajar pada Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4 . 0. Proceeding of Biology Education, 3(1), 192–201.

Wiyono, K. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Ict Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 123–131. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2613

Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Gammath, 3(1), 49–57.

Amiroh. (2019). Mahir membuat articulate storyline. pustaka Ananda Srva.

Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i2.19366

Aziz, Y. S. (2016). Sihir Gerhana. Penerbit Buku Kompas.

Basori, B. (2019). Pengaruh video cerita anak terhadap kemampuan menyimak dan berbicara pada anak TK kecamatan Marpoyan damai kota Pekanbaru. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial …, 16(2), 294–316. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/23

Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503–511.

Gürkan, S. (2018). The Effects of a Mobile Assisted Vocabulary Learning Application on Vocabulary Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 9(3), 288–311. https://doi.org/10.17569/tojqi.407512

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Hambali, S. (2012). Pengantar ilmu falak. Bismillah Publisher.

Hoffman, J. A., & Miller, E. A. (2020). Addressing the Consequences of School Closure Due to COVID-19 on Children’s Physical and Mental Well-Being. World Medical and Health Policy, 12(3), 300–310. https://doi.org/10.1002/wmh3.365

Ismail, A., Rahayu, G., Putera, M. A. K., Aghniya, N. N., & Gumilar, S. (2021). Development of augmented reality as physics learning media on electric concepts. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(4), 042006. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/4/042006

Ismiyanti, N. (2020). Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 50–58. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.11

Kemendikbud. (2020). surat edaran kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) no 4 tahun 2020.

Kinchin, I. M., Möllits, A., & Reiska, P. (2019). Uncovering types of knowledge in concept maps. Education Sciences, 9(2). https://doi.org/10.3390/educsci9020131

Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452

Pratiwi, S., Wiyono, K., & Zulherman. (2020). Pengembangan E-Learning Materi Newton Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. 8(2).

Risdiansyah, D., Purwaningtias, D., & Dharmawan, S. (2020). Pembangunan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Gerhana Dalam Tata Surya. Jurnal Informatika Kaputama(JIK), 4(2).

Rusman. (2000). Manajemen Kurikulum. SPS UPI.

Rusydi, I. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://www.neliti.com/id/publications/290643/peranan-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-kegiatan-pembelaja

Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas Va SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 409–415. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/963

Syabri, K. I., & Elfizon. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 95–99. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/43

Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penilaian Hasil Belajar pada Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4 . 0. Proceeding of Biology Education, 3(1), 192–201.

Wiyono, K. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Ict Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 123–131. https://doi.org/10.36706/jipf.v2i2.2613

Zulkarnain, A. D., & Jatmikowati, T. E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS6 Berbasis Android Pokok Bahasan Segitiga. Jurnal Gammath, 3(1), 49–57.




DOI: https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Science Education and Applied Science



IJSEAS has been Indexed by:

This work is licensed under CC BY-SA 4.0