Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Topik Struktur dan Fungsi Sistem Pernapasan Manusia untuk Kelas VIII SMP

Evie Laila, Chairil Faif Pasani, Mella Mutika Sari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan multimedia pembelajaran berbasis articulate storyline topik struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas media berdasarkan instrument validasi dan mendeskripsikan kepraktisan multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan angket respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) saja. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon. Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data hasil validasi menunjukkan multimedia pembelajaran interaktif memperoleh skor 0,87 dengan kriteria sangat valid dan data hasil angket respon peserta didik memperoleh skor kepraktisan 92,17% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline topik struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.

Keywords


Multimedia interaktif; sistem pernapasan manusia; articulate storyline

Full Text:

PDF

References


Amirullah, G., & Susilo. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada konsep monera berbasis smartphone android. Wacana Akademik, 2(1), 38-47.

Anantyarta, P., & Sholihah, F. N. (2020). ). Pengembangan multimedia pembelajaran pada materi bioteknologi menggunakan program autoplay. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 45-57.

Andrizal, & Arif, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada sistem e-learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK, 17(2), 1-10.

Asih, T. (2018). Perkembangan tingkat kognitif peserta didik di kota Metro. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 9-17.

Astiti, I. P., Sasmita, G. M., & Sukarsa, M. (2018). Penerapan augmented reality video dinamis dalam pembelajaran peredaran darah berbasis android. Jurnal Merpati, 6(3), 174-183.

Basya, Y. F., Rifa'i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan mobile apps android sebagai media pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(1), 1-9.

Dhaniayaini, A. E., Widyaningrum, & Ma'assita, R. A. (2020). Video critic dalam pembelajaran aqidah pada siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1), 12-19.

Ghozali, F. A., & Rusimamto, P. W. (2016). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate studio’13 kompetensi dasar arsitektur dan prinsip kerja fungsi setiap blok plc di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 223-228.

Harsalinda, R., & Wijayati, P. H. (2018). Visualisasi sebagai upaya untuk memahami materi teoritis di dalam perkuliahan. Journal Deutsch als Fremdsprache, 2(1), 1-16.

Jelita, E., Raudhoh, & Miliani, M. (2020). Pengaruh pemanfataan internet terhadap minat kunjung pemustaka ke unit pelaksana ternis (upt) perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), 18-40.

Luntungan, G. M., Sumampouw, H. M., & Wurarah, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada SMA Negeri 2 Bitung. Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi (JSME), 5(2), 196-204.

Noviyanto, T. S., Juanensih, N., & Rosyidatun, E. S. (2016). Penggunaan media video animasi sistem pernapasan manusa untuk meningkatkan hasil belajar biologi. EDUSAINS, 7(1), 57-63.

Nurbaiti, Panjaitan, R. G., & Titin. (2017). The properness of adobe flash basis interactive media for respiratory system learning material. Unnes Science Education Journal, 6(3), 1662-1668.

Oktaviana, S. D., Kristiana, A. I., & Murtikusuma, R. P. (2020). Development of interactive learning media with animaker and. International Journal of Academic Multidisciplinary Research (IJAMR), 4(1), 30-33.

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh penggunaan video pembelajaran ipa terhadap minat belajar siswa kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1), 30-40.

Panjaitan, R. G., Wahyuni, E. S., & Mega. (2019). Film dokumenter sebagai media pembelajaran submateri zat aditif. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 52-59.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riyanto, & Susilawati, L. (2019). Penerapan media aurora animasi 3d maker untuk meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa biologi IKIP Budi Utomo Malang. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, 4(1), 52-56.

Sari, P. R., Djaja, S., & Kantun, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android dengan sistem appy pie pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa untuk kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 91-97.

Soimah, I. (2018). Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38-44.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhariyanti, Rahmah, S. A., & Nasution, S. (2021). Pemanfataan aplikasi wps dalam meningkatkan minta belajar siswa pada materi dongeng bermuatan bahasa inggris di era new normal. Jurnal Kependidikan, 7(1), 176-184.

Uska, M. Z., Wirasasmita, R. H., Lutfi, S., Arianti, B. D., Kholiso, Y. N., & Nurmayana. (2021). E-modul interaktif pembelajaran susunan huruf komputer di sekolah menengah kejuruan. Jurnal of Education & Development, 9(3), 590-595.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-139.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda, I. W. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.




DOI: https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Science Education and Applied Science



IJSEAS has been Indexed by:

This work is licensed under CC BY-SA 4.0