Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk SMP/MTs Kelas VII

Norlaila Hayati, Maya Istyadji, Rizky Febriyani Putri

Abstract


Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline pada materi kalor dan perpindahannya bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan validitas media pembelajaran, 2) mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan instrumen penelitian.  Teknik analisis data menggunakan uji validitas Aiken’s V dan presentase. Hasil analisis penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran Articulate Storyline layak digunakan untuk pembelajaran dengan skor validitas ahli media pembelajaran sebesar 0,81 masuk dalam kategori sangat valid. (2) media pembelajaran Articulate Storyline yang sudah dilakukan uji coba memperoleh total skor keseluruhan responden yaitu 1077 dengan persentase kepraktisan 83% masuk dalam kategori praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Articulate Storyline layak digunakan untuk proses pembelajaran IPA tingkat SMP/MTs kelas VII dan dapat digunakan untuk membentuk pemahaman konsep peserta didik.


Keywords


Media pembelajaran; Articulate Storyline; kalor dan perpindahannya

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2011). Penelitian pendidikan: Metode dan paradigma baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Azza, R. L. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang kelas V SDN Damarwulan 2 Kediri. Skripsi.

Dwipayana, P. A., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis konteks budaya lokal untuk pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3, (1), 49-60.

Hardianti, H. & Asri, W. K. (2017). Keefektifan penggunaan media video dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1, (2).

Husaini, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (E-Education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2, (1).

Isnaini, M., Wigati, I., & Oktari, R. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran torso terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 19 Palembang. Jurnal Biota, 2, (1), 82-91.

Jelita, E., Raudhoh., & Miliani, M. (2020). Pengaruh pemanfaatan internet terhadap minat kunjung pemustakan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4, (1), 24-25.

Juniartina, P. P. (2017). Pengembangan bahan ajar IPA Terpadu dengan model group investigasi berorientasi pendidikan karakter. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 11, (2), 154-165.

Kapri, U. C. (2017). Impact of multimedia in teaching of science. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3, (4), 2179-2187.

Kemendikbud. (2017). Buku guru ilmu pengetahuan alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Model silabus mata pelajaran sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoiriah, K., Jalmo, T., & Abdurrahman, A. (2016). The effect of multimedia-based teaching materials in science toward students' cognitive improvement. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5, (1), 75-82.

Kuswanto, J. & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6, (2), 58-64.

Latifah, S., Koderi, K., Fiteriani, I., Khoiruddin., & Diani, R. (2020). Development of smart physics card as physics learning media on temperature and heat material. Journal of Physics: IOP Publishing, 1467, (1), 1-9.

Minkova, Y. (2016). Contemporary multimedia authoring tools. International Journal of Engineering Science and Computing, 6, (10), 2586-2588.

Molenda, M. & Reiser. (1990). In search of the ellusive ADDIE model. Pervormance Improvement, 42, (5), 34-36.

Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nugraheni, T. D. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X di SMK Negeri 1 Kebumen. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Oyedele, V., Rwambiwa, J., & Mamvuto, A. (2013). Using educational media and technology in teaching and learning processes: A case of trainee teachers at Africa University. Academic Research International, 4, (1), 292-300.

Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2018). Multimedia interaktif berbasis STEM pada konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Journal of Science Education and Practice, 2, (1), 13-14.

Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5, (1), 52-65.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Soh, T., Arsad, N., & Osman, K. (2010). The relationship of 21st century skills on students’ attitude and perception towards physics. Procedia Social and Behavioral Sciences, 7, (C), 546-554.

Sudiarta, I. G., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh model blended learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49, (2), 48-58.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UC Libraries. (2018). Online tutorials: Tools and best practices. Retrieved Oktober 12, 2020, from https://guides.libraries.uc.edu/tutorialtools/storyline




DOI: https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Science Education and Applied Science



IJSEAS has been Indexed by:

This work is licensed under CC BY-SA 4.0