Peningkatkan Pendapatan Usaha Melalui Diversifikasi Produk Kerupuk Ibu Rusliani Di Kuin Utara Banjarmasin

Ali Sadikin, Dahniar Dahniar, Fahmi Roy Dalimunthe, Akhid Yulianto, Mohammad Yudi Rachman, zasmina Aulia, Yudiansyah Yudiansyah

Abstract


Permasalahan yang terjadi di usaha kerupuk Ibu Rusliani adalah selama ini tingkat produksi dan penjualan terus mengalami penurunan setiap bulan. Penurunan ini terjadi pada bulan Januari sampai bulan maret tahun 2024.  Hal ini disebabkan karena  selama ini usaha ibu rusliani tidak menerapkan diversifikasi baik terhadap produk yang dihasilkan maupun bahan baku kerupuk tersebut hanya mengandalkan ikan haruan saja dan produk yang kurang kreatif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah survey lokasi, sosialisasi, penyuluhan, pendampingan, evaluasi dan keberlanjutan.  Solusi pada aspek produk  pada kerupuk haruan Ibu Rusliani adalah harus melakukan diversifikasi Produk (line produk) yang lainnya seperti  kerupuk kulit haruan, abon haruan, dll. Agar penjualan meningkat maka penjualannya di ubah dari cara  tradisional menjadi car e-marketing seperti instagram, WA Business.  Solusi pada aspek Produksi , mereka telah melakukan diversifikasi sumber bahan baku., seperti udangdll. Setelah menerapkan  beberapa diversifikasi tadi ternyata tingkat penjualan dan produksi kerupuk jadi  stabil  dan meningkat 10%-15% dari bulan-bulan sebelumnya.

Kata kunci: Produk; produksi; Diversifikasi; Pendapatan; kerupuk.


Full Text:

PDF

References


Bisnis, J. E. (2024) ‘Penerapan E-Marketing Dan Keunggulan Kompetitif Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada CV . Bintang Keramik Kota Gunungsitoli’, Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma), pp. 883–892.

Coulter, S. P. R. (2010) Manajemen (Edisi 10). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Digital, P., Perikanan, P. O. and Nelayan, W. (2024) ‘Meningkatkan Pendapatan Wanita Nelayan Melalui Pemasaran Digital Produk Olahan Hasil Perikanan di Konawe Selatan’, Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(4). doi: 10.59818/jpm.v4i4.770.

Diniarty, D. at all (2018) ‘Perencanaan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kerupuk Udang Siti Hadana di Kecamatan Tanah Merah Menggunakan TOPSIS. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI-10)’, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Ekonomi, J. et al. (2024) ‘Analisis Produktivitas Usaha Kecil Menengah Kerupuk Asap Baputra Desa Tegalwangi Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember’, Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), pp. 25–34.

Hasiani, Y. and Maulana, F. (2024) ‘Rawa Sains : Jurnal Sains STIPER Amuntai Penerapan Metode Hayami dalam Analisis Nilai Tambah Pengolahan Ikan Bandeng Menjadi Amplang’, Rawa Sains: Jurnal Sains STIPER Amuntai, 14(1), pp. 14–20.

Mikirianto, E. at all (2023) ‘Diversifikasi Jamur Tiram Olahan di UKM Jamur Kabupaten Batola Kalimantan Selatan’, Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 3(2).

Pratama, H. et al. (2022) ‘Penjualan Dan Keterampilan’, GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), pp. 872–884.

Pristiwanigsih, E. R. et al. (2024) ‘Pemberdayaan Pengusaha Muda Diversifikasi Ikan Lele ke Produk Abon dan Keripik di Kabupaten Nganjuk Empowerment of Young Entreprenuers on Catfish Diversification to Floss and Chips product in Nganjuk Regency’, 6th National Conference for Community Service (NaCosVi), pp. 134–138.

Siswanto.M.Si (2010) Pengantar Manajemen (cetakan ke 1). Jakarta: Percetakan Bumi Aksara.

Tumanggor, S. B. et al. (2024) ‘Peningkatan pendapatan masyarakat dengan diversifikasi produk olahan cabai’, SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8, pp. 1762–1768.

Wibowo, A. A. (2024) ‘Pelatihan Pengolahan Data , Peningkatan Supply Response , dan Pelatihan Diversifikasi Produk pada KUB Yasinta Desa Sokawera Kecamatan Cilongok’, Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyaraka, 6(1), pp. 30–41. doi: 10.24235/dimasejati.51.000.




DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v4i1.13020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.