Pelatihan Dan Bimbingan Penyusunan Laporan Keuangan Dan Pemasaran Melalui E-Commerce Pada Amanah Sasirangan
Abstract
Sasirangan merupakan budaya Kalimantan Selatan, berpotensi sebagai produk unggulan bernilai ekonomis tinggi. Dalam rangka melestarikan budaya daerah, industri kerajinan sasirangan juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Namun, pengembangan produk industri ini masih menghadapi berbagai tantangan, salah satu usaha dengan kendala dalam kegiatan produksinya adalah Usaha Amanah Sasirangan yang pengetahuan dan keterampilannya terbatas dalam pengelolaan keuangan. Selain itu, minimnya pemanfaatan teknologi informasi, khususnya platform e-commerce, menjadi hambatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing produk. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan financial experience dan digital user experience berupa pengetahuan tentang pentingnya pencatatan kegiatan usaha dan pelatihan penyusunan laporan keuangan, serta memanfaatkan pemasaran digital (e-commerce) shopee. Terdapat tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan meliputi survei, sosialisasi, pelatihan, pendampingan intensif, monitoring, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan perubahan positif dalam persepsi mitra Amanah Sasirangan berupa peningkatan pemahaman sebesar 80% terkait pentingnya pengelolaan keuangan dan pemasaran digital (e-commerce). Kendati demikian, terdapat sejumlah kendala yang menghambat implementasi tersebut. Sumber daya manusia yang kurang kompeten di bidang akuntansi dan administrasi untuk penyusunan laporan keuangan. Selain itu, keterbatasan akses terhadap perangkat teknologi, dan infrastruktur jaringan yang kurang memadai di lokasi produksi menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran digital (e-commerce).
Kata kunci; pelatihan, laporan keuangan, pemasaran digital e-commerce, sasirangan.
Full Text:
PDFReferences
Pradana, M. (2015). KLASIFIKASI JENIS-JENIS BISNIS E-COMMERCE. Neo-bis, 9(2).
Yuliani, R., & Widyakanti. (2020). PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI INOVASI KEMASAN DAN LABEL PADA UMKM. Jurnal Kuat, 2(2), 71-76.
Yuliani, R., Anwar, K., & Rahmatiasari, A. (2021). Pendampingan Pembuatan e-Marketplace dan Laporan Keuangan Pada UP2K “mulan” Khususnya Dasa Wisma “mawar”. Jurnal Pengabdian Inovasi Lahan Basah Unggul, 1(2), 112-123.
Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia, 2016. Exposure Draft Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Grha Akuntan.
Purwidianti, W., & Tubastuvi, N. (2019). The Effect of Financial Literacy and Financial Experience on SME Financial Behavior in Indonesia. Jurnal Dinamika Manajemen, 10(1), 40–45.
Wijayanto, G., Nursanti, A., Novandalina, A., & Rivai, Y. (2024). The Effect of E-commerce Platforms, Digital Marketing, and User Experience on Market Reach and Competitiveness of Indonesian MSMEs (Vol. 5, Issue 1).
Pritazahara, R., & Sriwidodo, U. (2015). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Pengalaman Keuangan terhadap Perilaku Perencanaan Investasi dengan Self Control sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(1), 28-37.
DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v4i1.13390
Refbacks
- There are currently no refbacks.