Kiat Pembelajaran Daring di Era Covid-19 Sebagai Upaya Penerapan Psikologi Pendidikan Pada Proses Belajar Siswa SMP

Marina Dwi Mayangsari, Dwi Nurrachmah

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kiat-kiat pembelajaran melalui penerapan teori psikologi pendidikan seperti cara mengelola stres, menemukan gaya belajar, dan cara mengatur waktu dengan menentukan skala prioritas siswa kelas VII SMP Santa Maria Banjarmasin. Tujuan diberikannya pemahaman ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa yang mengalami penurunan dalam pembelajaran online di masa pandemi covid-19 saat ini. Siswa membutuhkan kiat-kiat agar tetap semangat meningkatkan prestasi selama pembelajaran daring yang diterapkan oleh semua sekolah untuk mengurangi penyebaran covid-19. Siswa merasa kurang siap dalam menerima pembelajaran online karena selama ini mereka selalu menerima pembelajaran tatap muka. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui seminar online (webinar) dengan tema “Kiat Pembelajaran Daring Di Era Covid-19 dengan Penerapan Teori Psikologi Pendidikan”. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah ceramah oleh narasumber tentang manajemen stres, gaya belajar, dan manajemen waktu terkait skala prioritas. Hasil yang diharapkan dari pengabdian masyarakat ini adalah mahasiswa dapat mengaplikasikan materi yang telah disampaikan oleh narasumber dengan melakukan manajemen stres dengan baik khususnya dalam pembelajaran online sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, mengetahui gaya belajar yang ada pada individu sehingga memudahkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa, serta manajemen waktu yang tepat berdasarkan penentuan skala prioritas.

 

Kata Kunci : pembelajaran daring, penerapan teori psikologi pendidikan , siswa SMP


Full Text:

PDF

References


Bahri, S. (2019). Urgensi Strategi Pembelajaran Karakter pada Anak Usia Dini. Asṣ-ṣSibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 75–86.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Daryanto S. S. (1997). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.

Fleming, N. D., & Mills, C. (1992). Helping Students Understand How They Learn. Madison, Wisconsin, USA: Magma Publications.

Haviz, M. (2020). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek 8(1), 77-84.

Heinich, R. & Molenda, M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey, Columbus, Ohio: Prentice Hall.

Kusnayat, A., Muiz, M. H., Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 152-165

Mujiono, dkk. (2009). Modul Pengembangan Diri melalui Layanan Bimbingan dan Konseling SMK. Yogyakarta: Paramitha Publishing.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.

Oon, A. N. L. (2007). Seri Teaching Children Handling Study Stress (diterjemahkan oleh A. K. Anwar). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. JP3SDM, 9(2), 18-29.

Papilaya, J. O. & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56-63.

Purwanto, S. (2008). Pocket Mentor Manajemen Waktu. Jakarta: Erlangga.

Rosalin. (2020). Dampak Covid 19 terhadap Anak. Jakarta: Kementerian PPPA.

Sarafino, E.P. & Smith, T.W. (2012). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Usman. (2016). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa terhadap Model dan Strategi Pembelajaran Dosen. Jurnal Studi Pendidikan, 14(2), 110-125.

Yilmaz, R. (2017). Exploring the Role of E-Learning Readiness on Student Satisfaction and Motivation in Flipped Classroom. Computers in Human Behavior, 70, 251–260.




DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v1i1.3586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.