Pelatihan E-Learning Menggunakan ClassDojo di Lingkungan Lahan Basah

Rusmansyah Rusmansyah, Abdul Hamid, Misbah Misbah, Lili Rahmawati, Rima Sugianti, Ahmad Baihaqi, Eka Parida, Mahda Mahda, Galuh Fitri Ari Kirana

Abstract


Banyaknya guru yang belum memahami penggunaan e-learning beserta aplikasinya, maka dilakukanlah pelatihan e-learning menggunakan ClassDojo di lingkungan lahan basah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam menggunakan e-learning melalui aplikasi ClassDojo. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui respon peserta terhadap pelatihan yang dilaksanakan. Pelatihan ini diikuti guru kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sebanyak 23 orang. Kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, diskusi dan praktik langsung dalam penggunaan e-learning melalui ClassDojo. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh bahwa peserta memberikan respon yang baik terhadap penyelenggarann pelatihan dan adanya peningkatan pemahaman guru dalam penggunaan e-learning melalui ClassDojo. Hasil pengabdian ini dapat digunakan sebagai bekal guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Bahceci, F. (2019). Classdojo: The Effects of digital classroom management program on students-parents and teachers. International Online Journal of Educational Sciences, 11(4).

Barahona Mora, A. (2020). Gamification for classroom management: An implementation using classdojo. Sustainability, 12(22), 9371.

Cetin, H., & Cetin, I. (2018). views of middle school students about class dojo education technology. Acta Didactica Napocensia, 11, 89–96.

Chiarelli, M., Szabo, S., & Williams, S. (2015). Using classdojo to help with classroom management during guided reading. Texas Journal of Literacy Education, 3(2), 81–88.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K. K., Bhardwaj, A., Giyal, R. C., & Varghese, C. (2016). An eLearning system for agricultural education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132–135.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.

Hakim, A. B. (2015). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1), 1–4.

Harefa, H. (2020). Aplikasi e-learning untuk pembelajaran online dan blended. Jakarta: UKI PRESS.

Hartini, S., Misbah, M., Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102

Krach, S. K., McCreery, M. P., & Rimel, H. (2017). Examining teachers’ behavioral management charts: A comparison of Class Dojo and paper-pencil methods. Contemporary School Psychology, 21(3), 267–275.

Kusuma, J. W., Jefri, U., Surnani, E., Pratiwi, I., & Kurniawan, E. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi classdojo sebagai upaya peningkatan pembelajaran jarak jauh bagi guru sd it bina bangsa di era kenormalan baru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM)-Aphelion, 1(1), 57–67.

Misbah, M., Rochgiyanti, R., & Wati, M. (2020). Pelatihan pembuatan soal ipa berbasis hots di lingkungan lahan basah. PRO SEJAHTERA (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 27–32.

Muslimin, T. . (2019). Laporan penelitian ragam aplikasi lms pembelajaran bahasa arab model blended learning di era revolusi industri 4.0. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nadziroh, F. (2017). The Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 2(1), 1–14.

Nuriyawan, A., & Wibawa, S. C. (2020). Studi komparasi penggunaan platform socrative dan classdojo di kelas google classroom. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 262–272.

Raharjo, D. (2012). Media Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: Gava Media.

Smaldino, S., Lowther, D., & Rusel, J. (2011). Instruksional tecnology & media for learning: teknologi pembelajaran dan media untuk belajar (P. A. R. E. Kesembilan, trans.). Jakarta: Kencana.

Zainuddin, Z., Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, M., & Mahtari, S. (2019). Developing the interactive multimedia in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1).

Zainuddin, Z., Mastuang, M., Misbah, M., Melisa, M., Ramadhani, F. D., Rianti, D., & Rusmawati, I. (2020). The Effectiveness of Fluid Physics Practicum Module Based On Wetland Environment to Train Science Process Skills. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ, 3(2), 76–84.




DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v1i2.4107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.