Pemberdayaan Ekonomi Kejar Paket C Kelurahan Sungai Besar Melalui Pelatihan Pembuatan Decoupage Barang Bekas
Abstract
Program paket C adalah program pendidikan menengah nonformal sederajat SMA/MA dengan tujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, serta sikap yang dapat digunakan untuk mengembangkan diri, bekerja untuk mencari nafkah dan meneruskan pendidikan, sehingga peserta didik siap menghadapi persaingan kerja di masa depan. Kegiatan pengbadian kepada masyarakat (P2M) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa kejar paket C dalam pembuatan decoupage. Metode pelaksanaan P2M terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Target sasaran P2M adalah siswa kejar paket C yang berjumlah 20 orang. Hasil dari kegiatan adalah siswa kejar paket C memiliki keterampilan baru yaitu dapat membuat decoupage untuk meningkatkan nilai jual suatu produk atau barang bekas dan diharapkan keterampilan yang telah dimiliki dapat dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian untuk peningkatan ekonomi siswa kejar paket C.
Kata kunci: Barang bekas, Decoupage, Paket C
Full Text:
PDFReferences
Ajisukmo, C.R.P., Iustitiani, N., Pramono, H. (2019). Pelatihan Kerajinan Decoupage sebagai Cara Untuk Menumbuhkan Budaya Literasi Kaum Perempuan. Abdimas Dewantara. 2 (2): 158-170.
Departemen Pendidikan Nasional Badan Peneliti dan Pengembangan. (2009). Pendidikan Kesetaraan Program Paket B setara SMP/MTs dan Program Paket C setara SMA/MA. Jakarta.
Diana, Irawan, Y., Faridah., Anisah, Y. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga dengan Teknik Decoupage di Desa Meunasah Mesjid Punteut Kec. Blang Mangat Kota Lhokseumawe. Jurnal Vokasi. 2 (1): 12-16.
Farliana, N., Setiaji, K., Murniawaty, I., Hardianto, H. (2020). Optimalisasi Pemberdayaan Narapidana Lembaga Permasyarakatan Terbuka Melalui Literasi Keuangan. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 4 (11). doi: 10.20956/pa.v4i1.7582.
Nindya, P., Darwis, R.S., Kamil, G.G. (2014). Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga. Prosiding Riset dan PKM. 2 (2): 279-283.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Program Paket B dan Program Paket C.
Sulistyowati, N., Ali Iqbal, M., Murni, Y. (2018). PKM Kerajinan Decoupage di Kelurahan Katulampa, Bogor Timur. Prosiding Konferensi Nasional PkM-CSR. Mataram.
Sumarjaya, I.W., Joni, M., Rupiasih, N.N., Sibarani, J. (2017). Meningkatkan Kompetensi Siswa Paket B dan C di PKBM Mentari Fajar Melalui Pelatihan Perangkat Lunak Perkantoran. Buletin Udayana Mengabdi. 16 (2): 120-125.
Susanti, R. (2018). Penguatan Model Pembinaan Keagamaan Islam Bagi Narapidana dan Tahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Banyumas. Kosmik Hukum. 17 (2), doi: 10.30595/kosmikhukum.v17i2.2328.
Yuaelawati, E., Syihab, U., Kamil, M., Priatna, N., Nugroho, S.P. (2008). Acuan Proses Pelaksanaan dan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Paket B, dan Paket . Direktorat Pendidikan Kesetaraan. Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v2i1.5086
Refbacks
- There are currently no refbacks.