Bantuan Wastafel Ergonomis dalam Mencegah Penularan Covid-19 untuk Anak Paud di Kota Banjarbaru
Abstract
Saat ini Kota Banjarbaru dikenal sebagai kota pendidikan di Kalimantan Selatan. Salah satu tonggak pendidikan di kota ini adalah jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PAUD adalah pendekatan pembinaan untuk anak sampai dengan usia enam tahun, dilaksanakan dengan memberikan stimulan pendidikan untuk membantu anak tumbuh dan berkembang sehingga siap untuk pendidikan dimasa yang akan datang. Saat ini, dunia pendidikan di Kota Banjarbaru menghadapi isu COVID-19. Setelah hampir satu tahun sekolah dari rumah, semua sekolah di Kota Banjarbaru diminta mempersiapkan diri untuk menghadapi new-normal. Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjarbaru menghimbau untuk menerapkan sistem protokol kesehatan, dengan mempersiapkan diri menuju sekolah new-normal dengan cara pengadaan thermogun, wastafel, hand sanitizer, peralatan kebersihan kelas (pel, sapu lidi, dan bak sampah) serta mempersiapkan kelas new-normal yang memenuhi standar kebersihan dan memperindah kelas dengan penghijauan. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Arsitektur menggagas kegiatan donasi wastafel dengan desain yang sesuai dengan dimensi anak-anak. Kegiatan ini menggunakan metode design thinking yang terdiri dari lima tahapan yaitu: meningkatkan rasa empati, mendefinisikan, merumuskan standar ideal, membuat prototipe, dan melakukan pengujian. Pengabdian kepada masyarakat ini menghasilkan wastafel-wastafel yang didistribusikan kepada enam PAUD terpilih dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap covid-19, sekaligus meningkatkan kesadaran hidup bersih sejak dini.
Full Text:
PDFReferences
Baskoro, M. L., & Haq, B. N. (2020). Penerapan metode design thinking pada mata kuliah desain pengembangan produk pangan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(2), 83-93.
Departemen Pendidikan Nasional. (2015). NSPK Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak tahun 2015. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Departemen Pendidikan Nasional. (2015). NSPK Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain (KB) tahun 2015. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Hasimjaya, J. (2017). Kajian Antropometri & Ergonomi Desain Mebel Pendidikan Anak Usia Dini 3-4 Tahun di Siwalankerto. Intra, 5(2), 449-459.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2017). Peraturan Menteri PUPR No.14/PRTM/2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2016). Standar Toilet Umum Indonesia.
Nofirza, N., & Infi, Z. (2011). Perancangan Alat Belajar Dan Bermain Yang Ergonomis Di Taman Kanak-Kanak Islam Permata Selat Panjang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 10(1), 48-58.
Nurmianto, E. (1996). Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: PT. Guna Widya.
Panero, J. (1979). Dimensi Manusia & Ruang Interior. Erlangga.
Sanders, M. S., & McCormick, E. J. (1993). Applied anthropometry, work-space design and seating. Human factors in engineering and design, 7.
Wignjosoebroto, S. (1995). Ergonomi Studi Gerak dan Waktu: Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja.
DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v2i1.5130
Refbacks
- There are currently no refbacks.