Program Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan Upaya Peningkatan Softskill Dan Mengasah Kepemimpinan Struktural

Marina Dwi Mayangsari, Rika Vira Zwagery, Kinanti Ananda Arini Sugma, Muhamad Lutfi

Abstract


Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang kiat-kiat meningkatkan keterampilan softskill  melalui penerapan teori psikologi kepribadian seperti pengembangan kepribadian dan kepemimpinan Guru sebagai Pejabat Struktural di Lingkup SMK PK se-Kalimantan Selatan. Tujuan diberikannya pemahaman ini adalah dalam upaya peningkatan keterampilan softskill guru sebagai tenaga pendidik dan mengasah peran kepemimpinan. Guru membutuhkan kiat-kiat agar tetap semangat mengembangkan softskill. Sebagai pendidik yang bekerja di sebuah lembaga pendidikan, guru tentu saja memerlukan juga peran kepemimpinan, sebagai contoh kepemimpinan diperlukan untuk mengarahkan dan mengkondisikan para peserta didik agar tercipta pembelajaran yang tertib dan kondusif. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara daring melalui seminar online (webinar) dengan tema “Program Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Softskill Guru sebagai Tenaga Pendidik dan Mengasah Peran Kepemimpinan Guru Sebagai Pejabat Struktural di Lingkup SMK PK se-Kalimantan Selatan” dengan metode ceramah. Berdasarkan dari pengabdian masyarakat ini, guru diharapkan untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang telah disampaikan oleh narasumber dengan melakukan pengembangan keterampilan softskill dengan baik khususnya dalam pengembangan kepribadian dan kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. L. (2021). Karakter Kepemimpinan Cendekia pada Generasi Milenial. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 20(1), 1-15.

Bates, A. J., Drits, D., & Ramirez, L. A. (2011). Self-awareness and enactment of supervisory stance: Influences on responsiveness toward student teacher learning. Teacher Education Quarterly, 38(3), 69-87.

Blanchard, O. (2006). European unemployment: the evolution of facts and ideas. Economic policy, 21(45), 6-59.

Crossan, M., Seijts, G., & Gandz, J. (2015). Developing leadership character. Routledge.

Damanik, B. E. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Pengembangan Diri Terhadap Prestasi Kerja Dosen. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK & BI), 20-28.

Hasanah, A., Utami, I. H., & Kusainun, N. (2020). Pentingnya Kompetensi Leadership Pada Guru MI. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 10-20.

Https://jurnalkalimantan.com/smkn-3-banjarmasin-jadi-tuan-rumah-pengembangan-smk-pk-se-kalsel/

Janawi. 2012. Kompetensi Guru : Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta

Kılınç, A. Ç., Cemaloğlu, N., & Savaş, G. (2015). The relationship between teacher leadership, teacher professionalism, and perceived stress.

Eurasian Journal of Educational Research, 58, 1-26.

Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2013). Manajemen pendidikan: konsep & prinsip pengelolaan pendidikan.

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2006). New directions in goal-setting theory. Current directions in psychological science, 15(5), 265-268.

Lucas, S., & Stob, P. (2004). The art of public speaking (p. 382). New York: McGraw-Hill.

Makawimbang, Jerry H. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Manago, A. M., Graham, M. B., Greenfield, P. M., & Salimkhan, G. (2008). Self-presentation and gender on MySpace. Journal of Applied Developmental Psychology, 29(6), 446-458.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 65-69.

McLean, K. C., Pasupathi, M., & Pals, J. L. (2007). Selves creating stories creating selves: A process model of self-development. Personality and social psychology review, 11(3), 262-278.

Roqib, Moh. 2011. Kepribadian Guru Sebagai Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru Yang Sehat Di Masa Depan. Purwokerto: STAIN PRESS.

Ruben, B. D., & Gigliotti, R. A. (2017). Communication: Sine qua non of organizational leadership theory and practice. International Journal of Business Communication, 54(1), 12-30.

Rubin, R. S. (2002). Will the real SMKRT goals please stand up. The Industrial-Organizational Psychologist, 39(4), 26-27.

Scarino, A. (2013). Language assessment literacy as self-awareness: Understanding the role of interpretation in assessment and in teacher learning. Language Testing, 30(3), 309-327.

Schneider, M. (2002). A stakeholder model of organizational leadership. Organization Science, 13(2), 209-220.

Uzer, U. (2005). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Villa, A., & Calvete, E. (2001). Development of the teacher self-concept evaluation scale and its relation to burnout. Studies in Educational Evaluation, 27(3), 239-255.

Yunus, M., Sukarno, S., & Rosadi, K. I. (2021). Teacher Empowerment Strategy in Improving the Quality of Education. International Journal of Social Science And Human Researc, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v2i2.5740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.