Pelatihan Desain Multimedia Sebagai Media Interaksi Sosial Dan Promosi Pada SD IT Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin

Silvia Ratna, Tintin Rostini, Nur Alam Syah, Wagino Wagino, Muhammad Rasyidan

Abstract


Salah satu bentuk konten pada media sosial adalah konten gambar. Konten ini lebih menarik dilihat daripada konten berupa tulisan atau video yang memerlukan waktu untuk mencerna informasi didalamnya. Penggunaan media sosial sebagai media promosi menjadi alternatif dalam melakukan promosi. Hal ini mengingat media sosial mudah diakses dimana saja dan kapan saja. Promosi di media sosial merupakan promosi yang murah karena tidak berbayar dan jangkauan lebih luas. Jadi promosi melalui media sosial itu sangat efektif dikalangan anak muda (Purbohastuti, 2017). SD IT Anak Sholeh Mandiri adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan jumlah 36 guru sebagai peserta yang mengikuti Pelatihan Desain Multimedia Sebagai Media Interaksi Sosial Dan Promosi dengan menggunakan metode Kuesioner sebelum pelaksanaan (pra) dan Setelah selesai pelaksanaan (pasca). Hasil kuisioner yang telah diberikan kepada 36 responden bahwa setelah mereka menggunakan aplikasi Canva dalam pelatihan ini, dapat diketahui nilai rata-rata sebelum mengikuti pelatihan (pra) sebesar 2,8, kemudian setelah mengikuti pelatihan diberikan kembali kuisioner (pasca) maka nilai rata-rata pemahamanan terhadap penggunaan aplikasi Canva meningkat menjadi sebesar 4,04 artinya pelatihan ini berhasil diterapkan oleh guru SD IT Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin


Full Text:

PDF

References


Ardipraditiya, F. H. (2020). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M.

P., & Printina, B. I. (2018). the Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, 190–203. https://doi.org/10.24071/snfkip.2018.20

Purbohastuti, A. . (2017). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI Arum. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Purwati, Y., Perdanawanti, L., Informatika, P. T., Canva, A., & Profesional, I. (2019). PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM) Vol., 1(1), 42–51.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1. 1950

Resmini’, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan I nformatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261.




DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v3i2.9801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.