PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN DI SMKN 2 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran ebook sebagai sumber belajar pada mata pelajaran administrasi insfrastruktur jaringan di SMKN 2 Banjarmasin. Proses pengembangan e-book berbasis flipbook sebagai sumber belajar mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XI SMKN 2 Banjarmasin ini menggunakan model 4D dengan tahapan define, design, development dan disseminate. Produk yang dihasilkan berupa e-book dengan format .html. Berdasarkan uji kelayakan yang dilakukan oleh validator ahli materi, dan ahli media. Hasil validasi pada e-book berbasis flipbook sebagai sumber belajar mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XI SMKN 2 Banjarmasin, dinyatakan “sangat layak”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Suprijono, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012).
Agus, Bambang dan Erima Oneto. (2010). Buku Pintar Administrasi Infrakstruktur Jaringan (Administrasi Infrastruktur Jaringan) SD. Jakarta: PT WahyuMedia.
Akdon, dan Hadi, S. (2005). Aplikasi StatisAdministrasi Infrakstruktur Jaringana Dan Metode Penelitian Untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.
Ali, M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Angkasa.
Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan PrakAdministrasi Infrakstruktur Jaringan Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2014, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2006. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran,( Jakarta :Rineka Cipta, 2009).
Faidah, Siti 2015, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-book Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk siswa Kelas VIII MTS N 2 Cirebon, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati: Cirebon.
Habibi, Bayu, 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Multimedia Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Etnomatematika, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung: Lampung.
Handayani, R. D, Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Mobile Learning Pada Perkuliahan Gelombang, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol.11, No.1, 2015.
Hamalik, O. (1983). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Handayaningrat, S. (1986). Pengantar Studi Ilmu Administrasi Manajemen. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.
Hasibuan, J.J, dan Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Hidayat, Rudi. (2004). Administrasi Infrakstruktur Jaringan Jilid 3 untuk SMA Kelas XII Berdasarkan Standar Isi 2006. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. (Jakarta: Rajawali Pers, 2011).
Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran infografis untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37-48.
Miarso, Y. (2009). Menyemai benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.
Niken Ariani, D. H. (2010). Pembelajaran Multimedia Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Nurhayati D (2017) "Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata Kuliah Pengembangan E-Learning Pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY" skripsi, diterbitkan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Nuryanto, A. (n.d.). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas negeri Yogyakarta.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011).
Oemar Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Rafiudin, R., Mansur, H., Mastur, M., Utama, A. H., & Satrio, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (E-Book) Di SMKN 1 Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9-15.
Rosida. (2017). "Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan". [Tesis]. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Salim, A., & Utama, A. H. (2020). Evaluasi Sumatif Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Banjarmasin. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 6(2).
S. C. Z. (tahun 2016). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Elektronik (E- Book) Untuk Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Pokok Bahasan Perdagangan Internasional Kelas XI Iis SMA Negeri 1 Talun Blitar. 125.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta : Prenada Media.
Seels, Barbara B3 & Rita C Richey, (1994). Teknologi Pembelajaran, Rawamangun: Unit percetakan Universitas Negeri Jakarta.
Sumanto. (2014). Teori Dan Aplikasi Metode Penelitian. Jakarta: PT BUKU SBRU.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaf. Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S. 1974, Instractional Development for Training Teachers of Exceptional Children, Indiana Univ., Bloomington.
Warsita, B. (2013). “Perkembangan Definisi Dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam pemecahan Masalah Pembelajaran". Fungsional pengembang teknologi pembelajaran pustekkom, 76.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License