PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI MOTION GRAPHIC DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS II DI SD KARTIKA V-6

Rina Fadiya, Susanti Sufyadi, Adrie Satrio

Abstract


Penggunaan  video pembelajaran  animasi  motion graphic mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD Kartika V-6 karena terdiri dari gabung teks, warna, grafik, gerakan, dan narasi membuat animasi motion graphic dapat mencapai indikator dari motivasi belajar yang adanya hasrat dan kelinginan berhasil, adanya penghargaan dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan seorang siswa dapat belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan humanistik dalam meningkatkan motivasi siswa untuk mata pelajaran matematika bangun datar dan bangun ruang kelas II, (2) Mengetahui dan menganalisa tingkat kelayakan dalam pengembangan   video pembelajaran animasi  motion  graphic dengan pendekatan Humanistik dalam meningkatkan motivasi siswa untuk mata pelajaran matematika materi bangun datar  dan  bangun  ruang  kelas  II, (3) Mengetahui hasil peningkatan motivasi belajar siswa kelas II setelah menggunakan video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan humanistik. Jenis  Penelitian  ini adalah Research and Development R&D dengan  menggunakan model pengembangan 4D (Four-D) yaitu Define,  Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian pada tahap pengembangan menghasilkan peningkatan motivasi belajar siswa mendapat skor N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori “sedang”. Dari hasil data disimpulkan bahwa video  pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan humanistik pada mata pelajaran materi bangun datar dan bangun ruang layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa


Keywords


Video Pembelajaran; Animasi Motion Graphic; Humanistik; Matematika

Full Text:

PDF

References


Azimi, K., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Evaluasi Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. J-INSTECH, 3(2), 14-20.

Humaira, R., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Mata Pelajaran Teknik Pengelolaan Audio Video Kelas XII. J-INSTECH, 3(2), 50-56.

Salim, H. N., Dalu, Z. C. A., & Utama, A. H. (2022). Pemanfaatan Media Kahoot untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 2. J-INSTECH, 3(2), 21-27.

Baihaqi, I., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA Kelas IX. J-INSTECH, 3(1), 56-61.

Utama, A. H. (2022). Desain Pembelajaran Pedati Untuk Mengembangkan Metode Pembelajaran Daring Asinkron Selama Masa Pandemi Covid-19. J-INSTECH, 3(1), 26-35.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License