ANALISIS DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA TEKNOLOGI 4.0
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisaputra, F., Budyartati, S., & Kartikasari HS, A. (2020). Hubungan Penggunaan Aplikasi Tik Tok dengan Degradasi Karakter Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1-11.
Agustyn, I. N., & Supriyatno. (2022). Dampak Media Sosial (Tik-Tok) terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 735-745.
Armizi. (2017). Penanaman Spiritual Qoutient dan Nilai Moral pada Siswa untuk Penguatan Kurikulum Pendidikan Karakter di Sekolah. Madania: Jurnal-Jurnal Keislaman, 78-110.
Basir, A., & Ramadan, W. (2017). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Sekolah Alam (Studi Kasus di Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Banjarbaru). Mu'adalah: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1-14.
Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2012). How To Literature Review. Journal of Criminal Justice Education, 1-17.
Devi, A. A. (2022). Pemanfaatan Apilkasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran . Jurnal Epistema , 1-17.
Dokumen Program Zenius Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka. (2022). Jakarta Selatan: PT Zona Edukasi Nusantara.
Fahlevi, R., Sari, R., & Jannah, F. (2021). Kajian Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SDN Sungai Jingai 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 1-6.
Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 46-52.
Faridah, N. R., & Haromain, N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran di SDIT At-Taqwa Surabaya. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 91-100.
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 183-198.
Higgin, T. (2022, September 16). Tips and Resource. Retrieved from Common Sense Education: https://www.commonsense.org/education/articles/keeping-your-students-and-yourself-safe-on-social-media-a-checklist.
Hutamy, E. T., Alisyahbana, A. Q., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 21-26.
Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Khoiriyyah, F., Thohari, M. I., & Jazari, I. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 185-190.
Lestari, F. M., & Bahrozi, I. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 di Masa Pandemi Covid-19. PEDIR: Journal Elmentary Education, 11-22.
Marini, R. (2019). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMPN 1Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah. Doctoral Disertation: UIN Raden Intang Lampung.
Mufidah, A., & Mufidah, R. (2021). Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatif dalam Media Pembelajaran IPA. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 60-69.
Nawawi, H., & Martini, M. (1996). Penelitian Terapan . Gajah Mada University Press, 73.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 171-187.
Priasti, S. N., & Suyatno. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 395-407.
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didaché: Journal of Christian Education, 1-19.
Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M., Mukramin, S., & Kurnawati, W. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education.
Ramdani, N. S., Hadiapurwa, A., & Nugraha, H. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 425-435.
Rasyidi, A., & Ramadhani, A. (2021). Pembinaan Karakter Murid Melalui Kegiatan Kepramukaan di Sekolah Dasar Negeri Kuin Utara 6 Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1-21.
Salim, H. N., Dalu, Z. C. A., & Utama, A. H. (2022). Pemanfaatan Media Kahoot untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 2. J-INSTECH, 3(2), 21-27.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 47-58.
Surono, R. N., & Lestari, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ilmi Kota Banjarbaru. Padaringan: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 7-15.
Taufiqurrahman, & Nida, N. H. (2019). Pendidikan Karakter Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar dalam Keluarga di Kota Banjarmasin. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Imiah Kependidikan, 75-90.
Ulfah, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1-18.
Wahyuni, D. A., Misdalina, & Noviati. (2022). Dampak Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Daya Tangkap di Kalangan Siswa Kelas V di SDN 077 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1853-1863.
Yuliani, Y., Sofyan, A., & Utama, A. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book dengan Pendekatan Behavioristik Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IX SMP. J-INSTECH, 1(1), 44-52.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12034
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License