ANALISIS DAMPAK MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA TEKNOLOGI 4.0

Muhammad Mahbub Ihza, Jumadi Jumadi, Adrie Satrio

Abstract


Era teknologi 4.0 sangat lekat dengan perkembangan teknologi industri yang mengintegrasikan teknologi digital. TIK erat kaitannya dengan media sosial, karena media sosial adalah salah satu bentuk aplikasi dari TIK yang sangat popular di era digital saat ini, dan salah satu media sosial yang sedang digemari adalah media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis dampak media sosial TikTok terhadap pendidikan karakter siswa SD di era teknologi 4.0 menggunakan metode studi literatur. Melalui tinjauan literatur yang mendalam, penelitian ini menganalisis konten TikTok yang relevan dengan pendidikan karakter serta mengidentifikasi dampaknya terhadap siswa SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkuat pendidikan karakter siswa SD, tetapi penggunaannya perlu diarahkan dengan strategi yang tepat. Pemilihan konten yang relevan dengan nilai-nilai karakter, interaksi dan kolaborasi antara siswa dan pendidik, serta pemberian arahan dan bimbingan dalam menggunakan TikTok secara etis dan bertanggung jawab adalah beberapa strategi penting yang perlu diperhatikan. Selain itu, penting juga untuk tidak mengabaikan peran pendidik dan orang tua dalam pembentukan karakter siswa, serta mengawasi secara menyeluruh penggunaan TikTok guna memastikan penggunaan yang sehat dan positif dalam mendukung pembentukan karakter siswa SD di era teknologi 4.0.

Keywords


Media Sosial; TikTok; Pendidikan Karakter; Era Teknologi 4.0

Full Text:

PDF

References


Adisaputra, F., Budyartati, S., & Kartikasari HS, A. (2020). Hubungan Penggunaan Aplikasi Tik Tok dengan Degradasi Karakter Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1-11.

Agustyn, I. N., & Supriyatno. (2022). Dampak Media Sosial (Tik-Tok) terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 735-745.

Armizi. (2017). Penanaman Spiritual Qoutient dan Nilai Moral pada Siswa untuk Penguatan Kurikulum Pendidikan Karakter di Sekolah. Madania: Jurnal-Jurnal Keislaman, 78-110.

Basir, A., & Ramadan, W. (2017). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Sekolah Alam (Studi Kasus di Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Banjarbaru). Mu'adalah: Jurnal Studi Gender dan Anak, 1-14.

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2012). How To Literature Review. Journal of Criminal Justice Education, 1-17.

Devi, A. A. (2022). Pemanfaatan Apilkasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran . Jurnal Epistema , 1-17.

Dokumen Program Zenius Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka. (2022). Jakarta Selatan: PT Zona Edukasi Nusantara.

Fahlevi, R., Sari, R., & Jannah, F. (2021). Kajian Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SDN Sungai Jingai 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 1-6.

Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 46-52.

Faridah, N. R., & Haromain, N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran di SDIT At-Taqwa Surabaya. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 91-100.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 183-198.

Higgin, T. (2022, September 16). Tips and Resource. Retrieved from Common Sense Education: https://www.commonsense.org/education/articles/keeping-your-students-and-yourself-safe-on-social-media-a-checklist.

Hutamy, E. T., Alisyahbana, A. Q., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 21-26.

Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Khoiriyyah, F., Thohari, M. I., & Jazari, I. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 185-190.

Lestari, F. M., & Bahrozi, I. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 di Masa Pandemi Covid-19. PEDIR: Journal Elmentary Education, 11-22.

Marini, R. (2019). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMPN 1Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah. Doctoral Disertation: UIN Raden Intang Lampung.

Mufidah, A., & Mufidah, R. (2021). Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatif dalam Media Pembelajaran IPA. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 60-69.

Nawawi, H., & Martini, M. (1996). Penelitian Terapan . Gajah Mada University Press, 73.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 171-187.

Priasti, S. N., & Suyatno. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 395-407.

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didaché: Journal of Christian Education, 1-19.

Rahman, M., Nursyabilah, I., Astuti, P., Syam, M., Mukramin, S., & Kurnawati, W. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. Journal on Education.

Ramdani, N. S., Hadiapurwa, A., & Nugraha, H. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 425-435.

Rasyidi, A., & Ramadhani, A. (2021). Pembinaan Karakter Murid Melalui Kegiatan Kepramukaan di Sekolah Dasar Negeri Kuin Utara 6 Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1-21.

Salim, H. N., Dalu, Z. C. A., & Utama, A. H. (2022). Pemanfaatan Media Kahoot untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 2. J-INSTECH, 3(2), 21-27.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 47-58.

Surono, R. N., & Lestari, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ilmi Kota Banjarbaru. Padaringan: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 7-15.

Taufiqurrahman, & Nida, N. H. (2019). Pendidikan Karakter Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar dalam Keluarga di Kota Banjarmasin. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Imiah Kependidikan, 75-90.

Ulfah, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Menulis Teks Cerpen. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1-18.

Wahyuni, D. A., Misdalina, & Noviati. (2022). Dampak Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Daya Tangkap di Kalangan Siswa Kelas V di SDN 077 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1853-1863.

Yuliani, Y., Sofyan, A., & Utama, A. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book dengan Pendekatan Behavioristik Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IX SMP. J-INSTECH, 1(1), 44-52.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License