PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR FITUR LABORATORIUM MAYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SERI DAN PARALEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 5 TANAH GROGOT
Abstract
Penelitian ini ditujukkan guna mendeskripsikan bagaimana penggunaan Rumah Belajar Fitur Laboratorium Virtual di SMPN 5 Tanah Grogot sebagai alat ajar serta dalam menemukan apakah penggunaannya mampu mendorong hasil belajar siswa terhadap pemahaman siswa Kelas IX tentang Rangkaian Listrik Paralel dan mata pelajaran IPA. Seri Bahan. Penelitian ini menerapkan model desain nonequivalent control group design dan quasi-experimental design. Tes pilihan ganda objektif dengan lima pilihan digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur seberapa baik siswa memahami konsep rangkaian listrik seri dan paralel. Menurut temuan penelitian, guru memberikan penilaian yang 89% atau sangat baik. Selain itu, penerapan Rumah Belajar Fitur Laboratorium Virtual oleh SMPN 5 Tanah Grogot dibuktikan bisa mendorong hasil belajar siswa dalam Materi Rangkaian Mata Pelajaran IPA dan Rangkaian Listrik Paralel. Akibatnya, menggunakan fitur laboratorium virtual portal rumah belajar sebagai alat pembelajaran berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardius. (2020, September Selasa). Pemanfaatan Fitur Laboratorium Maya Pada Portal Rumah Belajar Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. 15 September 2020.
Baihaqi, I., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA Kelas IX. J-INSTECH, 3(1), 56-61.
Cholid, A. A., Elmunsyah, H., & Patmanthara, S. (2016). Pengembangan Model Web Based Learning Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Paket Keahlian Tkj Pada Smkn Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 5 Bulan Mei Tahun 2016.
Hasnah. (2012). Paradigma Pendidikan Masa Depan . Publikasi, Volume Ii No. 2; Juni-September 2012.
Hudaipah, A., & Talagakulon, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Problem based learning. 7(3), 694–699. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1194.
Kembang, L. G. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Tatatp Muka Dengan Model Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Hasil Belajar Mata Pelajaran Ski (Studi Pada Siswa Kelas Viii) Mts Darul Ishlah Ireng Lauk Tahun Pelajaran 2019/2020.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN MERUYA SELATAN 06 PAGI. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.
Mansur, H., & Mastur. (2020). Pengembangan E- Learning Academia Berbasis Moodle Untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan. Journal Of Instructional Technology.
Marlina Negeri, B. S., & Abang, T. (2021). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Media Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 142–151. https://belajar.kemdikbud.go.id.
N, S. (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosadakarya.
Nunu, M. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah- Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam.
Nurrita, & Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Oktafia, H. I., & Sri, S. W. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home(Sfh) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran(Jpap).
Pramuaji, A., & Munir, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis Di Smk Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education), Volume 2, Nomor 2, November 2017.
Rahman, A. B. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 1, Juni 2022.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik Dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Seels, & Richey. (1994). Instructional Technology : The Definition And Domain Of The Field. Diterjemahlan Oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc Dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.
Syaulan Sahelatua, L., & Vitoria, L. (2018). KENDALA GURU MEMANFAATKAN MEDIA IT DALAM PEMBELAJARAN DI SDN 1 PAGAR AIR ACEH BESAR. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 3).
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2014.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Cv. Alfabeta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuberti. (2012). Teori Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja.
Yus, M., & Juita. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Diskusi Kelas Iv Sekolah Dasar.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License