PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN

Muhammad Afriandy, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Penelitian  ini  fokus  pada  kurangnya  variasi  dalam  penggunaan  media  pembelajaran, keinginan siswa untuk pengalaman pembelajaran yang inovatif, dan kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan  pendidik  dalam  merancang  media  pembelajaran.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah mengembangkan  multimedia  pembelajaran  yang  menggunakan  pendekatan  mobile  learning  dan untuk mengevaluasi kelayakan multimedia pembelajaran berbasis mobile learning, serta dampaknya terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran geografi kelas XI di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Jenis penelitian ini  adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah    ADDIE  ,  ada  5  tahapan  dalam  model  ini diantaranya :  analyze, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi merupakan teknik analisi data deskriptif  kuantitatif  menggunakan  skala  likert  dan  tes  awal  –  tes  akhir  untuk  melihat  kelayakan multimedia  pembelajaran  berbasis  mobile  learning,  respon  siswa  setelah  penggunaan  multimedia pembelajaran  berbasis  mobile  learning  dan  pengaruh  multimedia  pembelajaran  berbasis  mobile learning  terhadap  pemahaman  konsep  siswa  setelah  penggunaan  multimedia  tersebut.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis mobile learning dianggap "Sangat Layak"  dari  segi  media  dan  materi.  Respons siswa  terhadap  multimedia  ini  positif  baik  dalam  uji perorangan, uji kelompok kecil, maupun uji kelompok besar. Peningkatan pemahaman konsep siswa juga terlihat dari skor rata-rata tes awal yang mencapai 38,63 menjadi skor rata-rata tes akhir sebesar 83,63.  Berdasarkan  hasil  ini,  dapat  disimpulkan  bahwa  multimedia  pembelajaran  berbasis mobile learning sangat layak digunakan dan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Keywords


Multimedia Pembelajaran; Mobile Learning; Geografi

Full Text:

PDF

References


Efendi, D. N., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2021). ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP MEDIA ANIMASI POWERPOINT POKOK BAHASAN KALOR 1. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/a rticle/view/23763.

Effendi, R., & Akmal, H. (2020). Geografi dan Ilmu Sejarah: Deskripsi Geohistori untuk Ilmu Bantu Sejarah (A. Helmi, Ed.). Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat. https://repo- dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/184 45.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). UJI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SERVER. Elinvo - Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ elinvo.v2i2.17315.

Fitriansyah, F. (2019). Analisis Isi Buku Teks Teknologi Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Cakrawala, 19(2), 207–212. https://doi.org/10.31294/jc.v19i2

Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://ejournal.kompetif.com/index.php /diklatreview/article/view/349.

Nurkamilah, S., Putri, D. I., & Muthmainnah, R. I. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Kawasan Pengembangan dalam Membuat Media Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 339–347. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1768.

Pribadi, R. B. A. (2009). DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN. PT. Dian rakyat. http://repository.ut.ac.id/9318/.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4( 1).19-32.

Rifai, A., Sulton, & Sulthoni. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING SEBAGAI PENDUKUNG SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA Article History. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, JKTP, 3(1), 10–17. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index.

Warsita, B. (2018). MOBILE LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN INOVATIF. Jurnal Teknodik, 14(1), 062–073. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1 .452.

Wijayanti, D., Anwar, S., Khairani, K., & Sukhaimi, N. A. (2022). Implementasi Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Kurikulum 2013. Journal on Education, 4(2), 837–843. https://jonedu.org/index.php/joe/article/ view/496.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i2.12037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License