PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATEMATIKA KELAS VB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Abstract
Kurangnya daya ingat peserta didik kelas VB di SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin pada proses perkalian menggunakan metode perkalian bersusun, membuat beberapa peserta didik memiliki nilai hasil belajar di bawah dari KKTP, yaitu <65. Masalah ini merupakan masalah yang dapat berdampak panjang, mengingat bahwa perkalian merupakan salah satu dasar matematika sehingga perlu ditangani sedini mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan alternatif penyelesaian pada proses hitung perkalian menggunakan metode latis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Mengingat karakteristik peserta didik usia sekolah dasar, peneliti mengembangkan video animasi yang dapat menarik minat peserta didik dalam proses penyampaian materi terkait metode perkalian latis. Peneliti menggunakan jenis penelitian R&D dengan model 4D yang sudah divalidasi oleh para ahli di bidang masing-masing. Pengembangan video animasi ini mendapatkan kategori “layak” dari validator media, kategori “sangat layak” dari validator materi, kategori “sangat layak” dari validator naskah dan bahasa dan mendapatkan kategori “tinggi” pada nilai gain terkait hasil belajar peserta didik.
Keywords
Pengembangan; Animasi Pembelajaran; Matematika; Metode Latis; Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i1.12054
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License