PENGEMBANGAN MEDIA MOTION ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 BANJARMASIN

Ibrahim Ibrahim, Agus Salim, Adrie Satrio

Abstract


Kurangnya  hasil  belajar  yang  dicapai  oleh  peserta  didik  dengan  metode  dan  media  yang digunakan oleh guru, yang cenderung kurang bervariatif selama proses pembelajaran, peneliti telah mencari  solusi  untuk  menciptakan  pembelajaran  yang  inovatif.  Salah  satu  solusi  yang  diusulkan adalah  pengembangan  media  motion  animasi  pembelajaran.  Penelitian  ini  bertujuan  (1)  untuk membantu guru dalam mengembangkan motion animasi pada mata pelajaran IPA, khususnya materi Bumi dan Tata Surya di SMPN 1 Banjarmasin, serta (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII menggunakan motion animasi dalam mata pelajaran IPA, khususnya materi Bumi dan Tata Surya di SMPN 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dan mengadopsi model Borg and Gall yang telah dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan penelitian. Hasil penilaian dari ahli media menunjukkan bahwa media motion animasi ini memperoleh  persentase  validasi  sebesar  97,22%  dengan  kategori  "sangat  layak."  Selain  itu,  hasil penilaian dari ahli materi memberikan persentase validasi sebesar 95,33% dengan kategori "sangat layak."  Dalam  hal  peningkatan  hasil  belajar  peserta  didik,  ditemukan  bahwa  nilai  N-gain  sebesar 0,79 dengan kategori "tinggi." Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motion animasi  adalah  media  pembelajaran  yang  layak  digunakan  dalam  pembelajaran  peserta  didik, terutama dalam  konteks mata  pelajaran  IPA,  khususnya  materi  Bumi  dan  Tata Surya  di  SMPN  1 Banjarmasin.  Media  ini  diharapkan  dapat  memberikan  kontribusi  signifikan  dalam  meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


Pengembangan; Motion Animasi; Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.12058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License