PENGEMBANGAN E-LEARNING ACADEMIANA BERBASIS MOODLE UNTUK MATA KULIAH KOMUNIKASI PENDIDIKAN

Agung Setiawan, Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan produk e-learning melalui aplikasi moodle 3.6.3 untuk mata kuliah komunikasi pendidikan pada Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM. (2) Mengetahui tingkat kelayakan e-learning yang sudah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendapat R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi and Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, dan kuantitatif deskriptif. Penilaian produk dinilai oleh ahli media, dosen, dan 55 jumlah mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP ULM. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Produk e-learning berhasil dikembangkan dengan sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang dikembangkan dari software aplikasi moodle. (2) Flowchart yang dihasilkan merupakan alur kerja dari sistem e-learning, hal ini berguna untuk petunjuk arah program yang ada di e-learning. (3) Kelayakan media di dapat dari ahli media medapatkan nilai 95,26% (sangat baik), uji pengguna perorangan mendapat nilai 95,83% (sangat baik), uji kelompok kecil mendapatkan nilai 85,12% (sangat baik) dan  uji kelompok besar mendapatkan nilai 91,7% (sangat baik).


Keywords


Pengembangan e-learning; moodle

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i1.3642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License