PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAYAH
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk modul penunjang pembelajaran tematik materi IPS “Daerah Tempat Tinggalku” bernuansa Islami dan (2) mengetahui peningkatan minat belajar siswa menggunakan modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D) untuk menghasilkan produk media pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Pengembangan modul tematik ini dilakukan dengan 10 tahapan, Subjek uji coba adalah siswa kelas IV Madrsah Ibtidyah Assanabil Banjarmasin, yang terdiri atas uji coba lapangan awal 3 siswa, uji coba lapangan 7 siswa, uji coba pelaksanaan lapangan 21 siswa. Hasil penelitian menunjakkan adalah sebagai berikut (1) Produk modul yang dikembangakan layak digunakan dikelas sebagai penunjang pembelajaran, hal ini dilihat dari hasil validasi media skor (3,85) dan hasil validasi materi skor (3,08) (2) Minat belajar siswa meningkat ketika pembelajaran menggunakan modul penunjang pembelajaran hal ini dilihat dari hasil uji N-gain sebesar 0,82, yang tergolong tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i1.3651
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License