PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : Mengembangkan video pembelajaran dengan pendekatakan kognitif pada mata pelajaran IPA, mengukur kelayakan video pembelajaran dengan pendekatan kognitif pada mata pelajaran IPA, dan meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Belitung Selatan 2 Banjarmasin. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Research and Development sedangkan desain penelitian dalam pengembangan video pembelajaran menggunakan model ADDIE. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan: Video pembelajaran yang telah dikembangkan menunjukkan kelayakan untuk di implimentasikan hal ini terbukti dari presentase ahli media dilihat dari aspek mutu teknis 72% dan dari aspek media 83,6% yang masuk kedalam kategori “sangat baik” sedangkan presentase ahli materi dari aspek kesesuaian materi 84%, aspek kualitas materi 81,8% dan aspek media 82,2% yang masuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Video pembelajaran dengan pendekatakan kognitif pada mata pelajaran IPA berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini ditandai dengan rata-rata skor per anak meningkat dari 53,0 menjadi 76,6. Pada hasil uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,49 yang menunjukkan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan tergolong tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.3653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License