PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) mengembangkan video pembelajaran IPA materi rantai makanan dan jaring-jaring makanan untuk meningkatkan minat belajar kelas VII di SMP Negeri 14 Banjarmasin, 2) hasil penerapan menggunakan video pembelajaran IPA materi rantai makanan dan jaring-jaring makanan untuk meningkatkan minat belajar kelas VII di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (Development and Research / R&D). Hasil diperoleh video pembelajaran IPA materi rantai makanan dan jaring-jaring. Hasil penilaian ahli materi segi aspek media: 93,3% tergolong “sangat layak” dan aspek kesesuaian materi: 100% tergolong “sangat layak”. Hasil penilaian ahli media segi mutu teknis: 84,4% termasuk “sangat layak” dan aspek media: 85% termasuk “sangat layak”. Hasil pengukuran minat belajar siswa pretest: 61,5%. Sedangkan hasil pengukuran minat belajar siswa posttest: 88,1%. Berdasarkan hasil pengukuran minat menggunakan uji N-gain: 0,7 termasuk “tinggi”. Disimpulkan, video pembelajaran IPA materi rantai makanan dan jaring-jaring makanan untuk meningkatkan minat belajar kelas VII di SMP Negeri 14 Banjarmasin dinyatakan layak dan mampu meningkatkan minat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.3660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License