PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Tarmizi Thahir, Hamsi Mansur, Rabiatul Adawiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran 3 dimensi dan mengetahui minat belajar siswa kelas I SDN Inti Sungai Miai 11 Banjarmasin dengan menggunakan multimedia pembelajaran 3 dimensi pada materi penjumlahan dan pengurangan. Tujuan pada penelitian tersebut dilaksanakan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri analis, desain, pengembangan implementasi dan evaluasi. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil validator ahli media mendapat skor rata-rata 4 dengan kategori “Sangat Layak” dan validator ahli materi mendapat skor rata-rata 4,6 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil Uji coba skala kecil dengan jumlah siswa 2 mendapat skor rata-rata 0,8 dengan kategori “Layak”. Hasil uji coba lapangan dengan jumlah siswa 21 dengan skor rata-rata 0,82 dengan kategor “Layak”. Berdasarkan hasil perhitungan minat belajar menggunakan uji N-Gain, medapatkan skor gain 0,82 dan masuk dalam kategori “Tinggi.


Keywords


Pengembangan; Multimedia Pembelajaran; Penjumlahan dan Pengurangan; Minat Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i2.3661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License