PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE MATERI PENCAHAYAAN DAN KOMPOSISI GAMBAR SMK KELAS X BROADCASTING
Abstract
Inovasi memperbaharui suasana pembelajaran dikelas dalam era industri 4.0 dalam pendidikan perlu disiapkan melalui pembelajaran yang berkualitas sebagai upaya memfasilitasi perkembangan individu secara optimal dengan pembelajaran yang berfokus pada siswa (student center learning). Upaya memfasilitasi pembelajaran yang berfokus pada siswa yaitu dengan pengembangan multimedia interaktif articulate storyline. Penelitian dibatasi pada pengembangan multimedia interaktif articulate storyline materi pencahayaan dan komposisi gambar. Tujuan penelitian ini (1) pengembangan multimedia interaktif articulate storyline materi pencahayaan dan komposisi gambar dan (2) kelayakan multimedia interaktif articulate storyline materi pencahayaan dan komposisi gambar. Jenis penelitian ialah Research and Development (R&D) diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 6 tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, revisi produk, dan produk akhir. Teknik pengembilan data menggunakan observasi dan kuesioner/angket. Hasil penelitian ini berupa (1) aplikasi multimedia (2) Hasil penilaian data validasi oleh ahli materi dan media multimedia interaktif articulate storyline dikategorikan sangat layak. Multimedia interaktif articulate storyline direkomendasi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran pada SMK jurusan broadcasting.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License