EVALUASI E-BOOK LAPISAN BUMI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi pada e-book lapisan bumi yang dikembangkan pada mata pelajaran IPA yang digunakan oleh siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Banjarmasin. E-book merupakan salah satu media yang diimplementasikan pada sekolah tersebut. E-book hanya terbatas penggunaannya pada sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini, yaitu memberikan kontinuitas evaluasi terhadap penelitian sebelumnya. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu formatif-sumatif yang bertujuan mengetahui kelayakan isi dan penyajian pada e-book. Hasil penelitian ini berawal dari penilaian guru yang memperoleh kategori sangat baik dan memiliki beberapa saran revisi. Selanjutnya yaitu pemberian angket kepada seluruh siswa yang memperoleh kategori sangat baik. Kedua hasil tersebut didapatkan menggunakan rumus Interval pada skor Likert. Peneliti juga melakukan wawancara terhadap siswa yang menghasilkan jawaban yaitu siswa tidak merasa bosan karena materi lapisan bumi menyajikan tampilan yang menarik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa evaluasi pada e-book Lapisan bumi memiliki kategori sangat baik. Kategori tersebut merupakan penilaian pada kelayakan isi dan penyajian. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa e-book Lapisan bumi layak digunakan pada sekolah selain SMP Negeri 9 Banjarmasin.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3913
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License