PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-BOOKSTORY UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SDN PEKAPURAN RAYA 1 BANJARMASIN

Shella Sephiana, Agus Salim, Susanti Sufyadi

Abstract


Kampus Mengajar merupakan program yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam bidang pendidikan. Dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, diperoleh permasalahan salah satunya yaitu rendahnya minat membaca siswa disebabkan kurangnya media yang menarik. Minat membaca merupakan motivasi, rasa suka serta perhatian terhadap kegiatan membaca yang berasal dari dalam diri maupun dari luar seseorang. Media pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan minat membaca siswa salah satunya yaitu E-Bookstory karena umum bagi siswa dan juga menarik sebagai sumber pembelajaran, serta cerita dapat divisualisasikan dengan gambar dan warna-warna yang menarik sesuai dengan alur dan latar cerita. Penulis berupaya memberikan alternatif dengan membuat media pembelajaran E-Bookstory dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Model 4D. Hasil laporan media pembelajaran E-Bookstory layak sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat membaca dibuktikan dengan hasil validasi oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Hasil validasi dengan hasil persentase berturut turut 95,4%, 96,6%, dan 93,7% dikategorikan layak untuk digunakan. Serta hasil pengukuran minat membaca setelah menggunakan media lebih tinggi dari sebelum menggunakan media, dan hasil keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Keywords


Media Pembelajaran; E-Book Story; Minat Membaca

Full Text:

PDF

References


Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.

Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618.

Alpusari, M. (2020). Analisis keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran IPA SD. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Amalia Rahmi, A., & Febrina Dafit. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 415–423. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51363

Dianingrum, Y. (2021). Pemahaman Siswa SD terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Ditinjau Dari Minat Baca. Thesis, 10–27.

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Hasan, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai upaya Peningkatan kemampuan belajar siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 95–105.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Mansur, H., Mastur, Utama, A. H., Satrio, A., & Rini, S. (2021). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Prodi Teknologi Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Kholifah, W. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Tematik Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3061–3072. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1256.

Lubis, M. A. (2016). Pembelajaran Tematik di SD / MI (Issue June).

Maydiantoro, A. (2019). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research And Development). 10.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7.

Muali, C. (2018). Prinsip Dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Nurul Jadid, 1–13.

Munthe, A. P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, 35(2), 98–111. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p98-111.

Murniati, A. (n.d.). Pemanfaatan E-Journal Dan E-Book Oleh Mahasiswa Di Lingkungan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Susk Riau.

Somadayo. (2008). Membaca. 48.

Warsita, B. (2013). Perkembangan Definisi Dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran. Jurnal Kwangsan, 1(2), 72. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.6




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License