PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN PERILAKU KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA

Muhammad Zakie Mubarak, Mastur Mastur, Adrie Satrio

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi pada mata kuliah perilaku konsumen dengan pendekatan contexctual teaching and learning dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa pendidikan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangannya yaitu 4-D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel dengan tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata tingkat kelayakan produk sebesar 95,85% dengan kategori sangat layak. Selain itu, dari hasil n-gain pada uji coba kelompok besar diperoleh nilai sebesar 0,3 dengan kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, maka pengembangan video animasi pada pembelajaran mata kuliah perilaku konsumen dengan pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa pendidikan ekonomi

Keywords


Video Animasi; Contextual Teaching and Learning; Pendidikan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Anggraein, Sri Wulan., Alpian, Yayan., Prihamdani, Depi., Winarsih, Euis. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Depdikbud. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 SMP, MTs Ilmu Alam (pp.1-366). Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kemendikbud.

Hamm, R.W. (1985). A Systematic evaluation of an environmental investigation course. (Doctoral dissertation. Georgia State University).ERIC Document. Reproduction Service No ED-256-622.

Paramata, Y. (2001). Pengembangan model sosialisasi inovasi dan supervisi pembelajaran ilmu pengetahuan alam. (Disertasi Dok-tor. Universitas Pendidikan Indone-sia). Hal 2.

Provus, M., Malcolm. (1969). The discrepancy evaluation models. An approach to local program improvement and development. Pittsburgh Public School.

Raharja, J. T., & Retnowati, T. H. (2013). Evaluasi Pelaksanan Pembelajaran Seni Budaya SMA di Kabupaten Lombok Timur, NTB. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 17, No. 2, (pp.287-258).

Rustaman, N.Y. (2010). Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah dalam Pendidikan Sains dan Asessmentnya. Makalah Universitas Indonesia. http://file.upi. edu/direktori/sps/prodi.pendidikan_ipa/195012311979032_nuryani_rustaman/kdbi_dalamdiksainsfinal.pdf (diakses 08 April 2014).

Scriven, M. (1967). The methodology of evaluation.In R.W.Tyler.R M. Gagne, & M Scriven (Eds). Perspectives of curriculum evaluation. (pp.39-83). Chicago: Rand McNally.

Stake, R E. (1967). Forward technology for the evaluation of educational programs. In R W Tyler, R M Gagne, & M Scriven. (Eds). Perspectives of curriculum evaluation. (pp.1-12). Chicago: Rand McNally.

Stake, R E. (1967). The countenance of educational evaluation. Teacher’s Coole-ge Record. Vol. 68, no:7.

Stake, R E. (1977).The Countenance of educational evaluation.In A.A. Bellack & H.M Kliebard. Eds 1. Curriculum and evaluation (pp. 372-390).Berkeley.CA McCutehan.

Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A.J. (1984). Systematic evaluation a self-instructional guide to theory and practice. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License