Pemanfaatan Microsoft TEAMS Sebagai Learning Management System Untuk Mendukung Pembelajaran Kolaboratif
Abstract
Microsoft Teams merupakan aplikasi kolaborasi buatan Microsoft yang berbasis obrolan dengan berbagai fitur yang disediakan, seperti video conference, chat, pengingat, calendar, penyimpanan file, daln lain sebagainya. Pada perkembangan aplikasi ini dapat menjadi Learning Management System untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, terlebih pada era pasca pandemi saat ini. Penulisan jurnal ini bertujuan untuk mendeskripsikan Microsoft Teams, fungsinya untuk mendukung proses pembelajaran, dan Teams versi terbaru yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran synchronous. Metode yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah studi pustaka melalui kegiatan pengumpulan data dan pengolahan data pustaka. Hasil studi pustaka dan pemanfaatan aplikasi Microsoft Teams memperlihatkan bahwa Microsoft Teams bisa digunakan sebagai Learning Management System dalam kegiatan belajar synchronous, dan dapat diakses secara online. Seiring berkembangnya teknologi membuat proses pembelajaran konvensional mengalami adaptasi berupa masuknya teknologi digital dalam dunia pendidikan . Learning management System dari Microsoft Corporation ini dapat diakses melalui desktop maupun smartphone. Penulis merekomendasikan penggunaan Microsoft Teams untuk digunakan para pendidik dan tenaga kependidikan sebagai media kelas maya dalam pembelajaran, karena pemanfaatannya bisa dikombinasikan dengan video conference, obrolan kelas, melalui umpan balik tugas, dan kalender yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Untuk instalasi Microsoft Teams tersedia dengan berbagai pilihan pada smartphone bisa didapat dari PlayStore maupun AppStore, pada desktop kita bisa melakukan instalasi melalui Portal Office. Penulis juga merekomendasikan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait Microsoft Teams.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2021). Analisis Aktivitas Peserta didik dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms. Teams pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 16-27.
Agnes, L. R. A. (2022). Optimalisasi Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning pada Mata Pelajaran Seni Sudaya. Jurnal pendidikan sendratasik, 11(2), 276-290. Ali, Muhammad. (2007). Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru Algensindo,
Andi. (2002). Mengenal Learning Management System & Manfaat yang Ditawarkan. Abdimas Siliwangi, Vol 5 (1), 1-12.
Bakri, R., Astuti, N. P., & Fiamanila, N. P. (2021). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Menggunakan Media Microsoft Teams Selama Pandemik COVID-19: SMA Negeri 17 Makassar. Celebes Computer Science Journal, 3(2), 16-27.
Beaudoin, G. (2016). Completing the Picture: Importance of Considering Participatory Mapping for REDD+ Measurement, Reporting and Verification (MRV). Ben Bond-Lamberty, Pacific Northwest National Laboratory, 1-24.
Buchal, R & Songsore, E. (2019). Using Microsoft Teams to Support Collaborative Knowledge Building in The Context of Sustainabilitty Assessment. Proceedings of the Canadian Engineering Education Association (CEEA) https://doi.org/10.24908/pceea.vi0.13806.
Damayanti, A., & Mulyadi, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Microsoft Teams dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Peminatan di SMA N 2 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 3).
Dimyanti dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta & Departemen Pendidikan & Kebudayaan, 2-7.
Fatmawati, A. (2021). Evaluasi Usability pada Learning Management System OpenLearning Menggunakan System Usability Scale. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 6(1), 120-134.
Hidayat, N., Afuan, L., & Chasanah, N. (2021). Sosialisasi Learning Management Systems (LMS) Untuk Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(6), 277-283.
Jarot. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Blended Learning Menggunakan LMS. Mitra Pendidikan, 73-76.
Kari, M. L., Bare, Y., & Mago, O. Y. T. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Blended Learning dengan Memanfaatkan Aplikasi Microsoft. Teams. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(2), 63-71.
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Koesnandar, A. (2006). Pengembangan Software Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Teknodik. Pusat Teknologi Informasi dan KomPendidikan Depdiknas, 75.
Laal, M. (2013). Positive Interdependence in Collaborative Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 13.
Leontyeva, I. A. (2018). Modern Distance Learning Technologies in Higher Education: Introducing Problems, Journal of Mathematics, Sciens and Technology,1-8.
Pramono, D., Ngabiyanto, N., Isnarto, I., & Saputro, I. H. (2021). Online Assessment pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19: Transformasi Dunia Pendidikan menuju Paperless Policy. Indonesian Journal of Conservation, 10(2), 97-99.
Prasetyono, R. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Berbasis Mobile Terhadap Motivasi Belajar MahaPeserta didik Jurusan Informatika. Indonesian Journal of Informatics and Research, 1(1),
-35.
Riwayatiningsih, R., & Sulistyani, S. (2020). The Implementation of Synchronous and Asynchronous E-Language Learning in Efl setting.
JURNAL BASIS, 7(2), 309. https://doi.org/10.33884/basisupb.v7i2.2484
Rojabi, A. R. (2020). Exploring EFL Students’ Perception of Online Learning via Microsoft Teams: University Level in Indonesia. English Language Teaching Educational Journal. Vol.3, No.2, 163-173.
Saddhono, K., Sudarsana, K., & Iskandar, A. (2019). Implementation of Indonesian Language the learning Based on Information and Communication Technology in Improving Senior High School Students’ Achievement in Surakarta. In 1st UPY International Conference on Applied Science and Education 2018. Yogyakarta: IOPScience.
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2021). Implementasi Flipped Learning Menggunakan Microsoft Teams Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogik (jurnal pendidikan sekolah dasar), 9(1), 11-17.
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Express, 24. Siahaan, C., Revaldo, R., & Adrian, D. (2022).
Pemanfaatan Komunikasi Melalui Penggunaan Aplikasi Teams Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidik dan peserta didik Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2330-2334.
Singh, R., & Awasthi, S. (2020). Updated Comparative Analysis on Video Conferencing Platforms- Zoom , Google Meet , Microsoft Teams , WebEx Teams and GoToMeetings. Easy Chair: The World for Scientist, 1–9.
Sitorus, B. R. (2021, November). Microsoft Teams dalam Pembelajaran Matematika untuk Mewujudkan Merdeka Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (pp. 9-16).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Wea, K.N., Kuki, A.D. (2021). Students’ Perceptions of Using Microsoft Teams Application in Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1): 12-16 https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012016.
Wijayanto, Y.R., Andayani, Sumarwati. (2021). Utilization of Microsoft Teams as an Alternative for Distance Learning Media Amid the Covid-19 Pandemic. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding.8(2), 87-93.
Yasar, O., & Adiguzel, T. (2010). A Working Successor of Learning Management Systems. SLOODLE. Procedia - Social and Behavioral Science.
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License