PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (SD)

Asmah Wati, Agus Salim, Agus Hadi Utama

Abstract


Penelitian ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model inkuiri yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dan menguji kelayakan dari pengembangan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Uji validasi melibatkan 5 orang ahli yang terdiri dari ahli instrumen, ahli desain pembelajaran, ahli media, ahli materi, dan ahli evaluasi serta uji coba kepada 14 peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri yang telah dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI sekolah dasar (SD).

Keywords


Model Pembelajaran; Model Inkuiri; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Andriani, S., Sahono, B., & Turdjai. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Yurisprudensial Untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–11.

Asmayani, D. (2014). Model Pembeajaran Inquiry Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Negeri Tebing Tinggi Empat Lawang. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(01), 43–62.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education),.2(2), 204–210.

Fahrurrozi, M., & Mohzana, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoretis dan Praktek (Vol. 51, Issue 1).

Haris, A. (2011). Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar. Teknologi Pendidikan, 1–23.

Maulidiyah, C. (2022). Pengembangan Video Animasi Berbasis Plotagon dan Kinemaster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II SD Islam Lukman Hakim Pakisaji-Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 76–85.

Nurdaeni, N. M. (2021). Penerapan Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran PAIBP di SDN Sukadamai 3 Kota Bogor. Rayah Al-Islam, 5(02), 703–708.

Rafiudin, R., Mansur, H., Mastur, M., Utama, A. H., & Satrio, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (E-Book) di SMKN 1 Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9.

Rahmawati, D. K. (2013). Analisis Model Pembelajaran Koopeartif Tipe STAD dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Muhammdiyah Malang. Universitas Muhammadiyah Malang, 8–23.

Sartika, Sinta. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Mata Pelajaran Dasar Perhitungan Survey dan Pemetaan Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. S1 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i2.8827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License